Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Tertekan Pandemi, RI-Filipina Perkuat Kerja Sama Dagang

Kompas.com - 13/08/2020, 13:22 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan menyatakan Indonesia melakukan peningkatan kerja sama bilateral dengan Filipina. Hal ini untuk mendorong pemulihan ekonomi kedua negara yang terimbas dampak pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo mengatakan, kedua negara tengah berupaya untuk mencari solusi yang tepat untuk menghadapi pelemahan ekonomi di tengah pandemi. Oleh sebab itu, kerja sama akan diperkuat.

"Covid-19 membuat ekonomi Indonesia dan Filipina mengalami kontraksi. Oleh sebab itu, kedua delegasi sepakat memperkuat kolaborasi dan kerja sama, termasuk mencari jalan keluar dari permasalahan dagang yang dihadapi selama ini,” ungkap Iman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Indonesia-Inggris Sepakat Selesaikan Kajian Perdagangan Tahun Ini

Pemerintah Indonesia dan Filipina pun baru-baru ini membahas berbagai isu dan kerja sama dalam forum bilateral 'The Joint Working Group on Trade, Investments, Handicrafts, and Shipping' yang dilakukan secara virtual.

Iman menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dibahas enam inisiatif kerja sama dan dialog, yaitu MoU on Investment Promotion Cooperation, MoU on Halal, MoU on Creative Economy Cooperation, MoU on Marine and Fisheries Cooperation, Dialog Industri Tembaga, dan Dialog Industri Tekstil.

Selain itu, Indonesia mengangkat tiga isu dagang, yakni penggunaan instrumen special safeguard (SSG) terhadap kopi instan Indonesia, rencana investigasi safeguard atas impor kendaraan bermotor, dan isu pendaftaran produk obat pada food and drug administration (FDA) Filipina selama masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Filipina mengangkat isu eksportasi produk pertanian, peternakan, dan minuman olahan ke Indonesia.

"Melalui pembahasan tersebut, diharapkan arus perdagangan kedua negara akan semakin lancar serta ekonomi Indonesia dan Filipina dapat bangkit kembali pasca Covid-19,” ujar Iman.

Adapun total perdagangan Indonesia dan Filipina pada 2019 mencapai 7,6 miliar dollar AS, dengan surplus bagi Indonesia sebesar 5,9 miliar dollar AS.

Pada periode Januari-Juni 2020, total perdagangan kedua negara tercatat 2,9 miliar dollar AS, dengan nilai ekspor Indonesia sebesar 2,6 miliar dollar AS dan impor sebesar 283 juta dollar AS. Sehingga surplus Indonesia terhadap Filipna sebesar 2,3 miliar dollar AS.

Produk ekspor utama Indonesia ke Filipina pada 2019 adalah batu bara sebesar 1,5 miliar dollar AS, mobil 1,1 miliar dollar AS, sepeda motor 681 juta dollar AS, konsentrat dari kopi dan teh 455 juta dollar AS, dan minyak kelapa sawit 230 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com