Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adaptasi New Normal, Mendag Minta Pedagang Pasar Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 15/08/2020, 17:40 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta para pedagang di pasar untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut dia, kondisi adaptasi kebiasaan baru tidak boleh membuat orang lengah ketika di pasar dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun sudah bisa ke pasar, selalu ingatkan diri sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan saat berbelanja. Karena belanja di pasar ini demi keluarga di rumah juga,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (15/8/2020).

Baca juga: Mendag: APEC Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Kontraksi 3,7 Persen

Agus menekankan, masyarakat yang beraktivitas di pasar tidak boleh melupakan faktor terpenting saat ini, yaitu kesehatan. Upaya menjaga kesehatan tidak boleh diabaikan, terutama saat pandemi seperti sekarang.

“Selalu gunakan masker, jaga jarak aman, dan siapkan hand sanitizer. Hindari menyentuh muka dan hindari bersalaman. Jika tidak enak badan, tetap di rumah atau segera periksakan diri ke rumah sakit,” kata Agus.

Untuk meningkatkan kedisipilan masyarakat dan pedagang di pasar, Agus menyerahkan bantuan berupa 5.000 buah masker, alat pelindung diri (APD) kepada 550 pedagang dan kantong belanja untuk pembeli di Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian Kementerian Perdagangan kepada para pedagang kecil agar dapat menjaga kesehatan sehingga dapat terus berjualan seiring dengan upaya pemulihan ekonomi.

“Saya membagikan masker ini supaya para pedagang dan pengunjung aman saat berbelanja, sehingga bisa berbelanja dengan tenang. Di sini saya lihat langsung semua pedagang, pengelola, dan pengunjung memakai masker. Mudah-mudahan diikuti semua pasar lain,” ucpa dia.

Baca juga: Mendag: Buah Naga dari Indonesia Bisa Bersaing dengan Vietnam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com