Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Freeport Akui Pembangunan Smelter Tak Menguntungkan

Kompas.com - 17/08/2020, 19:55 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) mengakui, pembangunan pabrik pemurnian atau smelter tembaga tidak menguntungkan baik bagi perusahaan maupun negara.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, mengatakan, hal tersebut dikibatkan minimnya nilai tambah dihasilkan oleh smelter.

Tony menjelaskan, nilai tambah dari produksi bijih menjadi konsentrat tembaga sudah mencapai 95 persen. Dengan demikian, pengolahan konsentrat menjadi tembaga murni atau catode copper hanya mencapai 5 persen.

Menurutnya, hal tersebut tidak sebanding dengan harga jual jika diekspor dan modal yang harus dikeluarkan oleh negara dan perusahaan.

Baca juga: Berapa Orang Papua yang Jadi Eksekutif di Freeport?

"Ini juga perlu dipahami pembanuhan ini memang bukan menguntungkan. Smleter tembaga itu hasil utamanya adalah refenry itu. Nilai tambah dari bijih ke konstrat sudah 5 persen. Karena harga jual sudah itu. Dari konsentrat ke katoda hanya 5 persen," ujar Tony dalam diskusi virtual, Senin (17/8/2020).

Kendati demikian, Tony memastikan, pihaknya akan tetap melanjutkan pembangunan smelter. Pasalnya, pembangunan tersebut sudah termuat dalam peralihan kontrak karya PTFI.

Pembangunan smelter akan tetap dilakukan di Gresik karena dekat dengan pabrik Petrokimia yang akan menyerap asam sulfat dari proses permurnian. Disatu sisi, biaya logistik jauh lebih murah.

"PTFI akan bangun satu smleter baru. Seluruh konsentrat PTFI akan bisa diolah didalam negeri. Itu adalah yang sedang kita lakukan sekarang meski memang terlambat. Terlepas dari itu, kita akan tetap bangun," ucap Tony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com