Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Kanada Dorong Promosi Ekspor

Kompas.com - 19/08/2020, 10:20 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan kerja sama dengan Trade Facilitation Office (TFO) Kanada dalam hal pembinaan dan promosi ekspor Indonesia ke Kanada, khususnya bagi pelaku usaha wanita.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Kasan dan Direktur Eksekutif TFO Kanada Steven Tipman pada Selasa (18/8/2020).

Penandatangan disaksikan langsung Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Duta Besar Indonesia untuk Kanada Abdul Kadir Jailani, serta Konselor Komisaris Perdagangan Senior Kedutaan Besar Kanada di Jakarta, Michael Lazaruk.

Baca juga: Kekayaannya Meroket, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Keempat Dunia

"Kerja sama ini mendorong tujuan bersama kita untuk membina lingkungan ekonomi yang positif, mengembangan hubungan perdagangan dan peluang business to business, serta memperkuat daya saing produk ekspor buatan pelaku UMKM wanita," ungkap Agus dalam acara penandatanganan, Rabu (18/8/2020).

Kerja sama Kemendag dengan TFO Kanada sebenarnya sudah terjalin untuk periode 2015-2018 dan kini kembali diperpanjang. Manfaat yang diberikan kepada para pelaku usaha Indonesia, antara lain keikutsertaaan dalam kegiatan workshop exporting to Canada, market familiarization program, hingga kegiatan peningkatan kapasitas pelaku usaha.

Kali ini, kedua pihak sepakat untuk mendukung promosi ekspor Indonesia. Promosi ekspor ini mencakup perdagangan produk dan jasa dengan fokus pada pelaku usaha wanita Indonesia, kegiatan pengembangan pasar dan promosi produk, baik barang maupun jasa dengan memanfaatkan metode promosi inovatif, seperti pameran virtual.

Selain itu, juga mencakup informasi di bidang pengembangan ekspor dan peluang terkait perdagangan lainnya bagi eksportir Indonesia.

Baca juga: Daftar 14 Negara yang Masuk Jurang Resesi Ekonomi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com