Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Optimistis Capai Target Penyaluran Dana PEN di September 2020

Kompas.com - 26/08/2020, 14:09 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. (BMRI) menargetkan penyaluran Dana Pemulihan Ekonomi (PEN) rampung pada September 2020. Hal ini mengingat per Agustus total penyaluran sudah mencapai Rp 29 triliun.

Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik mengatakan perseroan menerima dana PEN senilai Rp 10 triliun dengan realisasi sampai dengan Agustus 2020 adalah Rp 29 triliun. Sehingga dengan target penyaluran 3 kali dari penerimaan, BMRI optimis penyaluran dana PEN rampung pada September 2020.

“Dari target Rp 30 triliun (akan rampung) pada September. Karena bulan Agustus, dan saat ini kita sudah mencapai Rp 29 triliun, jadi targetnya lebih cepat,” jelas Ahmad dalam Public Expose Live, Rabu (26/8/2020).

Baca juga: Dana PEN, Bank Mandiri Telah Kucurkan Rp 26,9 Triliun

Adapun beberapa sektor yang memperoleh penyaluran dana PEN, industri pupuk dan obat hama, industri jasa keuangan, konstruksi, pertanian dan kehutanan, peralatan rumah tangga, pertanian dan perikanan, horeka, perdagangan, semen dan bahan bangunan lainnya.

Di sisi lain, BMRI mencatatkan pertumbuhan kredit 4,38 persen pada semester I tahun 2020 dibanding periode sama tahun 2019. Dana Pihak Ketiga (DPK) juga bertumbuh 15,82 persen.

Sementara itu, ratio NPL berada pada level 3,28 persen, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 2,6 persen.

Menurut Ahmad, NPL BMRI mengalami kenaikan karena masalah finansial debitur besar di sektor wholesale (sektor riil dan padat karya). Menurutnya, kondisi debitur yang kurang sehat menjadi masalah yang terakumulasi pada ratio NPL di semester II.

“Di segemen wholesale, debitur besar memang sudah ada yang bermasalah atau kurang sehat (pembayarannya) sejak sebelum pandemi. Kami sempat berharap, debitur tersebut bisa melanjutkan usahanya dan membayar kewajibannya sebelum pandemi, namun kondisi pandemi membuat masalah ini terkaselerasi,” jelas dia.

Baca juga: Bank Mandiri Siapkan Kredit ke Supplier Wika Beton

Kondisi ini juga membuat perseroan memasukkan para debitur yang tidak menjalankan kewajibannya, masuk ke down grade dan tidak bisa masuk program restrukturisasi.

Di sisi lain, segmen KUR dinilai memiliki kinerja yang cukup baik (low risk), dengan jumlah debitur 324.085 dan baki debet Rp 32,6 triliun.

“Untuk komersial banking kami sangat hati-hati dan mengutamakan klien eksisting yang menunjukkan kinerja baik selama pandemi, dan memang membutuhkan tambahan kredit modal kerja, sementara debitur baru kita sangat selektif,” jelas dia.

Dengan kondisi tersebut, BMRI menargetkan sampai dengan akhir tahun NPL berada pada kisaran 3,4 persen sampai dengan 3,6 persen.

Sementara itu, hingga saat ini perusahaan perbankan plat merah tersebut sudah melakukan restrukturisasi kredit kepada debitur terdampak dengan baki kredit Rp 120 triliun sampai dengan Rp 130 triliun.

“Sampai akhir tahun kita akan merestrukturisasi Rp 150 triliun, kemungkinan masih ada Rp 20 triliun lagi yang akan kita restrukturisasi sampai akhir tahun,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com