Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Vaksin Covid-19 Buat Rupiah Ditutup Menguat

Kompas.com - 27/08/2020, 16:36 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat pada penutupan perdagangan di pasar spot, Kamis (27/8/2020).

Mengutip data Bloomberg, rupiah sore ini ditutup menguat 18 poin atau 0,12 persen pada level Rp 14.660 per dollar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.678 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan penguatan rupiah sore ini terdorong sentimen rencana pemerintah yang berencana menyuntikkan 30 juta dosis vaksin Covid-19 kepada 15 juta orang.

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat Sore Ini

Vaksin dari Sinovac diproyeksikan mulai digunakan 20 juta vaksin pertama pada akhir tahun. Sementara, kerja sama Kimia Farma dengan G42 di Uni Emirat Arab (UEA) akan menghasilkan 10 juta dosis pada Desember 2020.

“Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan, uji klinis yang dilakukan G24 singkron dengan kebutuhan dalam negeri sehingga sudah bisa mendapatkan rekomendasi,” jelas dia.

Di sisi lain, pasar juga masih menunggu pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait dengan masa transisi PSBB akan diperpanjang atau dihentikan dan berganti dengan masa New Normal.

Baca juga: OJK Bakal Laporkan Penyebar Hoaks Ajak Tarik Dana Besar-besaran di Bank

“Pernyataan Anies Baswedan sangat di nanti pasar mengingat kuartal ketiga tinggal 1 bulan lagi dan pasar bisa memberikan sikap apakah Indonesia masuk dalam jurang resesi atau tidak,” jelas dia.

Menurut Ibrahim, seyogyanya Pemprov DKI harus berani mengambil sikap guna untuk kelangsungan pertumbuhan ekonomi yang saat ini masih terjadi stagnasi.

Hal ini akibat konsumsi masyarakat yang menurun, investasi yang stagnan dan pengangguran yang di taksir 12,5 persen di tahun 2020 atau diproyeksikan naik 10 persen dari tahun lalu.

Baca juga: Subsidi Gaji, BP Jamsostek Minta Perusahaan Serahkan Nomor Rekening Pekerja Paling Lambat 31 Agustus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com