Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Erick Thohir Pindahkan 5 Petinggi Bank Mandiri ke BNI

Kompas.com - 02/09/2020, 19:13 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja menggeser lima petinggi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk ditempatkan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Kelima orang tersebut, yakni Royke Tumilaar, Silvano Winston Rumantir, David Pirzada, Muhammad Iqbal, Novita Widya Anggraini.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, perpindahan ini merupakan hal yang wajar di dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Dari Bos Bank Mandiri, Royke Tumilaar Digeser Jadi Dirut BNI

“Ini kan dari bank ke bank, biasa itu, apalagi tour of duty antar BUMN, biasa. Jadi jangan dilihat ini dari Bank Mandiri, bukan gitu. Ini tour of duty saja,” ujar Arya, Rabu (2/9/2020).

Selain itu, kata Arya, Erick Thohir telah menargetkan agar ke depan BNI bisa go global. Atas dasar itu, Erick mencari orang-orang yang dinilai kompeten bisa membawa BNI berkancah di dunia perbankan internasional.

“Artinya pak Erick serius banget agar BNI go global dan dia bukan mencari orang-orang yang level biasa saja, (Bank) Mandiri tuh lebih tinggi dibandingkan BNI untuk kapitalisasi asetnya. Ini dirutnya yang diambil. Ini tujuannya untuk go global BNI,” kata Arya.

Sebelumnya, sejumlah nama-nama di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melenggang ke kursi kepemimpinan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Baca juga: Royke Tumilaar Bantah Ajak Silvano Rumantir ke BNI

Nama-nama tersebut dipilih oleh para pemegang saham BNI usai menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dengan agenda perubahan susunan direksi hari ini, Rabu (2/9/2020).

Nama-nama direksi yang digeser ke BNI antara lain, Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Silvano Rumantir, dan Senior Executive Vice President Wholesale Risk Bank Mandiri David Pirzada.

Kemudian, Senior Vice President SME Banking Muhammad Iqbal, dan Senior Vice President Strategy & Performance Management Bank Mandiri Novita Widya Anggraini.

Di BNI, Royke kembali menduduki kursi Direktur Utama, menggantikan Herry Sidharta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com