Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu "Burden Sharing" Bikin Rupiah Melemah Sore Ini

Kompas.com - 03/09/2020, 17:07 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot melemah pada Kamis (3/9/2020).

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 32 poin atau 0,22 persen pada level Rp 14.778 per dollar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.746 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah sore ini, terdorong oleh kebijakan burden sharing yang dilakukan pemerintah.

Baca juga: Rupiah Dibuka Melemah Tipis Pagi Ini

Burden sharing merupakan skema percepatan pemulihan ekonomi nasional karena dampak Covid-19 dengan cara memperkuat kerja sama antara pemerintah dan Bank Indonesia (BI) untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan.

“Pelaku pasar kecewa karena mengira burden sharing hanya kebijakan jangka pendek, sekali pukul. Namun ternyata ada kemungkinan bertahan lama,” kata Ibrahim.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan kepada jurnalis media asing, ada kemungkinan BI tetap diminta berkontribusi dalam pembiayaan defisit anggaran alias burden sharing setidaknya sampai 2022.

Jokowi menyatakan, jika pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa berada di kisaran 4,5 sampai dengan 5,5 persen, maka burden sharing mungkin tidak lagi dibutuhkan pada 2022.

Baca juga: Intip Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Pernyataan Jokowi bisa dimaknai, masih ada peluang pemerintah akan meminta bantuan kepada BI untuk membiayai defisit anggaran setidaknya hingga 2022.

Di sisi lain, pasar juga mencemaskan wacana amandemen Undang-undang BI, yang salah satu opsinya adalah kembalinya Dewan Moneter seperti masa Orde Baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com