Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Ini Bangun Depo Kontainer dan Gudang Modern di Palembang

Kompas.com - 06/09/2020, 14:19 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics membangun depo kontainer dan gudang modern di Palembang.

Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Imam Paryanto mengatakan, depo kontainer dan gudang modern ini dilengkapi dengan sistem IT yang handal.

“Kami yakin BGR Logistics kedepannya mampu menjawab tantangan dan berperan lebih aktif lagi, tidak hanya sektor pangan & pupuk saja, tapi ke sektor-sektor usaha lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9/2020).

Baca juga: Subsidi Gaji, BPJS Ketenagakerjaan Kirim Link Registrasi via SMS

Sementara itu, Direktur Utama BGT Logistics Kuncoro Wibowo menambahkan, depo kontainer yang terletak pada Kawasan BGR Logistics DIvre IV Palembang ini memiliki luas total 2,7 hektar dan dapat menampung lebih dari 2.000 kontainer.

Selain itu, depo kontainer juga dilengkapi dengan fasilitas pencucian kontainer dan perbaikan kontainer.

“Serta alat berat pendukung seperti side loader dan forklift memberikan layanan depo kontainer terbaik, dengan solusi terintegrasi, andal, dan terpercaya,” kata Kuncoro.

Kuncoro menuturkan, pihaknya menggunakan aplikasi Depot Management and Agency (Denada) untuk mengelola kawasan tersebut. Denada merupakan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk management container, lift on dan lift off container sehingga memberikan data yang informatif kepada agen/pelanggan.

Baca juga: Menhub Sebut Kendaraan Otonom Wajah Baru Transportasi RI, Apa Itu?

“Untuk  mengakses  aplikasi  Denada  dapat  dibuka dengan alamat denada.bgrlogistics.id," ucap Kuncoro.

Selain Depo Container, BGR Logistics Divre IV Palembang juga memiliki gudang modern yang mengelola komoditas Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dengan sistem WMS (Warehouse Management System). Dengan sistem tersebut dapat mempermudah dan mempercepat segala aktivitas di gudang modern BGR Logistics, mulai dari aktivitas inbound hingga ke outbond.

“Selain itu, dengan aplikasi ini mampu mempermudah mobilitas pekerjaan karena setiap proses ter-automasi dan membuat data lebih transparan serta aman. Dengan teknologi barcode scanner yang mampu mengelola hingga 24.000 SKU (Stock Keeping Unit) serta terhubung dengan ERP-SAP," ungkapnya.

Baca juga: Cerita Perajin dan Distributor Sandal Kian Sesak Terhimpit Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com