Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Pameran UMKM Virtual, Pertamina Targetkan Transaksi Rp 7,5 Miliar

Kompas.com - 08/09/2020, 12:39 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menggelar pameran UMKM virtual bertajuk Pertamina SMEXPO 2020. Pameran virtual tersebut digelar guna membangkitkan kembali kinerja mitra binaan perseroan yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Pameran yang akan digelar sejak 9 hingga 11 September mendatang itu akan menggandeng 1.226 mitra UMKM binaan Pertamina, dengan empat kategori produk utama yakni, makanan dan minuman, agribisnis, mebel, hingga fashion.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Tajudin Noor menargetkan, selama 3 hari pameran virtual tersebut dapat dikunjungi oleh 10.000 pengunjung. Pasalnya, dengan digelarnya pameran secara virtual, tidak ada batasan ruang bagi pengunjung untuk hadir.

"Kita harapkan ada transaksi target penjualan Rp 7,5 miliar," katanya, dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Pertamina Dinilai Perlu Selesaikan Pembangunan Kilang Sebelum Hapus Premium dan Pertalite

Dengan masih tingginya angka penyebaran Covid-19, pameran virtual ini diharapkan dapat menjadi platform para mitra UMKM Pertamina untuk memasarkan produknya, hingga kancah internasional.

"Diharapkan mitra UMKM bisa bangkit dan survive dari keterpurukan ekonomi," ujar Tajudin.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyebutkan Covid-19 sejak awal Maret lalu, telah memberikan pukulan telak kepada sebagian besar pelaku UMKM. Nicke mencatat, sekitar 57 persen mitra UMKM binaan Pertamina terdampak oleh pandemi tersebut.

Dengan adanya pameran UMKM secara virtual ini, diharapkan dapat membantu kembali para mitra binaan memasarkan produknya tanpa perlu bertatap muka langsung.

"Sehingga kita harapkan tentunya para UMKM dapat bertahan di tengah kondisi Covid-19," kata Nicke.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi pameran virtual SMEXPO 2020, dapat mengakses langsung situs www.pertaminasmexpo.com. Nantinya, selama 3 hari Pertamina akan menyajikan berbagai gelaran acara, mulai dari fashion show hingga penampilan artis ibu kota.

"Pertamina berhapar UMKM dapat mempertahankan eksistensinya dan menjadi motor penggerak perekonomian," ucapnya.

Baca juga: Gelar Pameran Virtual, Pertamina Hadirkan 1.226 Mitra UMKM Binaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com