Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Gelar SMEXPO 2020, Luhut: Ini Adalah Satu Terobosan Agar UMKM Selamat

Kompas.com - 09/09/2020, 14:51 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran UMKM virtual Pertamina SMEXPO 2020 mulai dibuka hari ini, Rabu (9/9/2020). Pameran yang digelar oleh PT Pertamina (Persero) itu dinilai mampu memulihkan kinerja para pelaku UMKM yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi langkah Pertamina yang mendukung penuh UMKM, mulai dari pembinaan hingga pemasaran melalui acara pameran virtual tersebut.

"Ini adalah salah satu terobosan penting agar UMKM bertahan,” katanya pada saat membuka Pertamina SMEXPO 2020, Rabu.

Baca juga: Gelar Pameran UMKM Virtual, Pertamina Targetkan Transaksi Rp 7,5 Miliar

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menilai acara pameran virtual ini juga akan mampu mempercepat proses adaptasi pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Ia mengakui, pandemi yang terjadi sejak Maret lalu, telah memberatkan arus keuangan berbagai pelaku usaha, khususnya dari sektor UMKM.

“SMEXPO juga memperluas akses pasar baik dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio juga berharap Pertamina SMEXPO dapat menjadi ajang promosi untuk produk lokal Indonesia.

“Dengan memanfaatkan teknologi di masa new normal ini, bisa menjadi wadah untuk mempromosikan produk dari daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Dukungan serupa juga datang dari Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin. Ia mendukung penuh Pertamina sebagai salah satu BUMN terbesar, dalam peran aktifnya mendukung UMKM Indonesia.

Baca juga: Pertamina Pastikan Masih Jual Premium dan Pertalite, Tapi...

“Ini adalah langkah untuk mendukung pelaku UMKM agar ekonomi masyarakat bangkit dari pandemi," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkapkan dukungan penuh dari stakeholder menjadi kunci dalam upaya Pertamina membantu UMKM Indonesia. Menurutnya pemulihan UMKM membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

“Ini juga menjadi motivasi bagi UMKM untuk adaptif dan semakin cepat menangkap peluang pasar digital,” ucapnya.

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO akan digelar hingga September mendatang. Acara ini menghadirkan 1.226 pilihan produk dari 100 UMKM mitra binaan Pertamina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com