Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya 142 Anak Cucu Perusahaan, Ini Gurita Bisnis Nonmigas Pertamina

Kompas.com - 13/09/2020, 07:10 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) jadi perusahaan dengan jumlah usaha yang terbilang sangat kompleks. Perusahaan pelat merah ini memiliki 142 anak dan cucu perusahaan yang jumlahnya paling banyak di antara BUMN lainnya.

Bisnis Pertamina di luar sektor hulu dan hilir migas di antaranya dari properti, ritel, asuransi, hingga maskapai penerbangan. Sejak beberapa tahun belakangan, Pertamina aktif melakukan rebranding, dari perusahaan migas menjadi perusahaan energi.

Berikut daftar gurita usaha Pertamina di luar bisnis utama yang dirangkum dari Annual Report Pertamina dan laman resmi anak-anak usaha milik Pertamina.

1. Hotel

Pertamina memiliki bisnis hotel yang dikelola oleh anak perusahaan PT Patra Jasa. Bukan sembarang hotel, jaringan hotel anak perusahaan ini terbilang cukup besar dengan kelas hotel bintang 4 dan 5.

Baca juga: Pertamina Pastikan Masih Jual Premium dan Pertalite, Tapi...

Beberapa hotel yang dikelola Pertamina antara lain The Patra Bali Resort & Villas, Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, dan Patra Comfort Parapat Lake Resort.

2. Rumah sakit

Untuk sektor usaha rumah sakit, Pertamina adalah BUMN yang memiliki jaringan terbesar. Pengelolaan rumah sakit Pertamina berada di bawah PT Pertamina Bina Medika.

Rumah sakit Pertamina banyak tersebar di daerah-daerah yang memiliki kantong-kantong karyawan Pertamina cukup besar, seperti Cirebon, Balikpapan, Jakarta, dan Prabumulih.

3. Maskapai penerbangan

Sektor maskapai penerbangan sudah lama digeluti Pertamina lewat anak usahanya PT Pelita Air Service. Bisnisnya melingkupi jasa transportasi udara dan penerbangan terjadwal dan carter.

Baca juga: Pertamina Beberkan Penyebab Utama Sampai Rugi Rp 11 Triliun

Bahkan, perusahaan ini memiliki bandara sendiri, yakni Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan. Perusahaan ini didirikan tahun 1970 saat era Dirut Pertamina Ibnu Sutowo.

4. Asuransi

Pertamina sudah lama masuk ke bisnis asuransi lewat anak usahanya PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Kantor perusahaannya berada di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Tugu adalah dalam bidang industri asuransi umum, reasuransi, dan bisnis syariah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com