Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Bantuan Pemerintah, 42 Persen Pelaku Usaha Tak Mampu Bertahan Lebih dari 3 Bulan

Kompas.com - 15/09/2020, 19:01 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, pandemi Covid-19 memberikan pukulan telak terhadap dunia usaha. Bahkan, lebih dari 14.500 pelaku usaha tidak akan mampu bertahan lebih dari 3 bulan, tanpa adanya bantuan dari pemerintah.

Kepala BPS, Suhariyanto, mengatakan, angka tersebut ia dapat dari hasil survei yang dilakukan kepada 34.559 pelaku usaha, terdiri dari 25.256 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK), 6.821 pelaku usaha menegah dan besar (UMB) dan 2.482 pelaku pertanian.

“Covid-19 ini betul-betul memukul dunia usaha, baik UMK maupun UMB,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Kabar Baik, Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan

Pria yang akrab disapa Kecuk itu melanjutkan, hingga Juli 2020, 42 persen pelaku usaha yang disurvei, atau setara 14.500 pelaku usaha, mengaku tidak dapat bertahan lebih dari 3 bulan apabila pemerintah tidak memberikan bantuan.

“Ini perlu menjadi catatan, berbagai program yang sudah dirancang pemerintah harus segera terimplementasikan dengan baik, sehingga para pelaku usaha, bisa lebih optimis lagi menghadapi pandemi,” tuturnya.

Mayoritas pelaku UMK atau 69,02 persen diantaranya, meminta bantuan kepada pemerintah berupa bantuan modal usaha. Lalu 41,18 persen diantaranya menilai perlu adanya keringanan tagihan listrik untuk usaha.

Sementara itu, 29,98 persen lainnya meminta relaksasi atau penundaan pembayaran pinjaman. Hanya 15,07 persen diantara pelaku UMK yang meminta penundaan pembayaran pajak.

Tidak jauh berbeda dengan UMK, mayoritas pelaku UMB atau 43,53 persen meminta pemerintah untuk memberikan keringanan tagihan listrik untuk usaha. 40,32 persen meminta relaksasi atau penundaan pembayaran pinjaman.

Lalu 39,6 persen meminta penundaan pajak dan 35,07 mendorong adanya bantuan modal usaha.

Baca juga: Luhut Mau Lobi UEA Kirim Tambahan 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com