Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kendala yang Kerap Dihadapi Pelaku Bisnis Mikro dalam Usahanya

Kompas.com - 16/09/2020, 13:17 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi B.Sumintardja menyatakan selama menjalankan usaha bisnis mikro banyak para pengusaha yang menghadapi kendala.

Kendala-kendala tersebut pun tentu bisa mempengaruhi perkembangan bisnis baik untuk jangka panjang ataupun jangka pendek.

"Kendala ini juga yang menjadi faktor mengapa bisnis mereka stuck atau sulit untuk berkembang," ujarnya saat jumpa pers virtual, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Transaksi Jenius Tembus Rp 2,4 Triliun

Menurutnya, kendala tersebut datang dari 2 faktor yaitu faktor operasional dan faktor finansial.

Untuk kendala yang biasanya muncul dari faktor operasional, biasanya didapati adanya permasalahan dalam manajemen pengeluaran bisnis, insight laporan bisnis, akses ke rantai pasokan yang sulit dan partnership e-wallet.

"Banyak yang mengaku bahwa mereka sulit mengembangkan usahanya lantaran susahnya mendapatkan bahan baku. Belum lagi masalah logistik partnership yang membuat proses distribusi barang sulit untuk dilakukan," ucapnya.

Sementara, jika dilihat dari faktor finansial biasanya ditemukan masalah seperti tabungan personal dan bisnis yang tercampur, tidak mengalokasikan dana karena ketidakjelasan data dan riwayat yang tidak jelas sehingga data-data untuk cashflow pun menjadi tidak detail.

Baca juga: Program BLT UMKM Akan Diperpanjang, Simak Lagi Syarat dan Cara Daftarnya

"Mereka itu sering sekali menggabungkan tabungan personal dan tabungan bisnis mereka, jadi mereka merasa tabungan bisnis aman padahal itu tabungan pribadi atau sebaliknya. Ketika mereka membeli sesuatu mereka bingung pakai duit mana karena nyampur apalagi catatan transaksi enggak ada dan alhasil mereka enggak tahu omzet usahanya berapa," jelasnya.

Untuk membantu para pelaku usaha bisnis mikro agar bisa mendorong dan mengembangkan usahanya secara berkelanjutan, sudah saatnya para pelaku usaha mengadopsi teknologi digital.

"Kita ada layanan Bisniskit di Jenius, fitur itu bisa membantu para pebisnis mengolah usahanya lebih fokus dan bisa melacak transaksi menjadi semakin mudah lagi," ucapnya.

Dia juga menambahkan melalui layanan atau fitur Bisniskit bisa membantu para pengusaha mikro dalam mencatat pengeluaran secara otomatis, data karyawan hingga mesin kasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com