Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Pagi Ini Dibuka Menguat

Kompas.com - 18/09/2020, 09:50 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang ditransaksikan di pasar spot pagi ini, Jumat (18/9/2020) dibuka menguat.

Melansir Bloomberg pukul 09.20 WIB rupiah dibuka pada level Rp 14.764 per dollar AS. Rupiah menguat 68 poin atau 0,46 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.832 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah pagi ini terdorong sentimen pelemahan dollar AS terhadap mata uang regional.

Baca juga: BI Tahan Suku Bunga Acuan, Rupiah Ditutup Menguat

Hal ini terjadi karena pasar meragukan kelanjutan pemulihan ekonomi AS dengan klaim pengangguran yang masih tinggi.

“Rupiah berpotensi menguat hari ini karena sentimen tersebut. Pasar khawatir karena data klaim tunjangan pengangguran mingguan AS masih cukup besar di kisaran 860.000 klaim, yang artinya pengangguran masih besar karena pandemi Covid-19,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) kemarin, di mana bank sentral mempertahankan suku bunga acuan, masih membantu penguatan rupiah karena perbedaan yield yang masih besar.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.750 per dollar AS sampai dengan Rp 14.900 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com