Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Pastikan Proyek Bandara dan Pelabuhan Labuan Bajo Tetap Jalan

Kompas.com - 20/09/2020, 10:03 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan proyek pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya pembangunan infrastruktur khususnya dalam sektor transportasi harus dilanjutkan, guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menciptakan lapangan kerja baru hingga membuka konektivitas antar wilayah.

"Sehingga kawasan wisata super priortas seperti Labuan Bajo, Mandalika dan lainnya bisa semakin menarik wisatawan lokal hingga mancanegara," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020).

Baca juga: Contek Bali, Pemerintah Berencana Bangun Jalan Tol di Labuan Bajo NTT

Lebih lanjut, Budi menyebutkan, proyek pembangunan bandara dan pelabuhan ini juga sejalan dengan program padat karya yang dapat menyerap tenaga kerja dari daerah.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu membeberkan, progres pengembangan Bandara Komodo saat ini yang dilakukan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU),.yaitu pemotongan bukit, pembebasan lahan yang sudah mencapai tahap akhir serta perpanjangan runway 200 kali 45 meter dari semula 2.250 meter akan menjadi 2.750 meter. 

Sementara itu, Budi berharap agar pembangunan Pelabuhan Multipurpose yang dibangun untuk melayani kapal curah air dan peti kemas dengan bobot 5000-10.000 DWT dengan luas pelabuhan lebih dari 6 hektare dapat dipercepat, sehingga selesai tepat waktu.

"Meski di tengah pandemi saya harap pembangunan pelabuhan multipurpose di Wae Kelambu dapat tetap berjalan agar pendistribusian logistik segara berjalan lebih cepat dan lancar. Namun tidak henti-hentinya saya meminta agar mengutamakan protokol kesehatan dalam proses pembangunan di masa pandemi ini," tuturnya.

Baca juga: Menhub akan Selesaikan Pembangunan Pelabuhan dan Bandara Labuan Bajo Tahun Ini

Saat ini progres pekerjaan pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu sudah sampai poses pengerjaan persiapan, perkerjaan causeway, pekerjaan trestle, pekerjaan dermaga dan penerapan sistem manajemen keselamatan konstruksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com