Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Pandemi Covid-19 Sadarkan Dunia Pentingnya Investasi

Kompas.com - 20/09/2020, 13:21 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pandemi Covid-19 menyadarkan seluruh dunia termasuk Indonesia betapa pentingnya investasi dalam segala hal. Termasuk di sektor kesehatan.

Hal ini diungkapkannya dalam pertemuan negara-negara G20 secara virtual beberapa waktu lalu. 

Pandemi Covid-19 merupakan wake up call bagi dunia tentang pentingnya investasi dalam pengembangan kapasitas kesiapan dan respons menghadapi pandemi. Pemerintah terus melakukan penguatan sektor kesehatan dalam rangka memastikan akses bagi setiap orang terhadap layanan kesehatan yang berkualitas," ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (20/9/2020).

Baca juga: Negara Anggota G20 Sepakat Gelontorkan Rp 294 Triliun Lawan Corona

Di sisi lain, lanjut dia, Indonesia juga melakukan upaya pemulihan ekonomi.

Caranya antara lain dengan memberikan dukungan terhadap masyarakat yang terdampak, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta dunia usaha.

"Langkah-langkah penanganan tersebut tentunya membutuhkan alokasi anggaran yang besar, yang menuntut dilakukannya penajaman prioritas anggaran serta tetap menjaga keberlangsungan fiskal,” katanya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam pertemuan itu, tidak ada negara yang telah sepenuhnya siap untuk menghadapi pandemi yang menyebar secara cepat dan berdampak besar pada kehidupan.

Baca juga: Lawan Corona, G20 Luncurkan Inisiatif untuk Permudah Akses Alat Kesehatan

Masih terdapat ketimpangan (gap) atas kapasitas pandemic preparedness, baik pada level nasional maupun level global.

Peran G20 bersama lembaga pembangunan multilateral dan organisasi internasional, termasuk WHO, sangat penting dalam upaya mengendalikan Covid-19 dan mendorong pemulihan perekonomian global.

Di dalam pertemuan tersebut, para menteri keuangan dan menteri kesehatan G20 menegaskan pentingnya prinsip adil, merata dan terjangkau bagi semua negara di dunia atas akses terhadap peralatan medis dan obat-obatan yang dibutuhkan, termasuk vaksin Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com