Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan? Ini Cara Menyeimbangkannya

Kompas.com - 20/09/2020, 16:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Popsugar

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak pegawai yang tidak hanya memiliki pekerjaan tetap, namun juga usaha sampingan. Misalnya saja, usaha kuliner, jasa titip (jastip), hingga toko online.

Melakoni dua pekerjaan tersebut seringkali menemui tantangan. Bagaimana tidak, di satu sisi, pekerjaan utama begitu menyita waktu dan pikiran, namun usaha sampingan juga perlu dijalankan.

Nah, jangan panik bila ada di situasi semacam itu.

Baca juga: Mau Buka Usaha Sampingan dari Rumah? Biar Laris, Lakukan 5 Hal Ini

Dikutip dari Popsugar, Minggu (20/9/2020), berikut cara menyeimbangkan antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan.

1. Cari usaha sampingan yang mudah dijalankan

Usaha sampingan memungkinkan kamu untuk memiliki penghasilan tambahan. Ini tentu hal baik, apalagi jika biaya hidupmu tinggi atau kamu dalam situasi pengeluaran cukup besar.

Kunci untuk mengelola pekerjaan tetap dan usaha sampingan bukan cuma mencari keseimbangan, tapi juga memastikan usaha sampingan berjalan dengan mulus.

Untuk menemukan usaha sampingan apa yang cocok untukmu, buatlah daftar keterampilan dan minatmu. Jika kamu senang menulis, carilah platform yang menerima kontributor atau penulis lepas.

Baca juga: Gaji Pas-pasan? Coba Buka Usaha Sampingan Ini

Apabila kamu senang berbisnis, carilah usaha sampingan yang tidak menyita waktu serta tidak mengganggu pekerjaan tetapmu.

Apapun minat dan keterampilan kamu, usaha sampingan semestinya harus mudah dilakukan dan tidak dipaksakan. Usaha sampingan haruslah aktivitas yang kamu senangi dan tidak menjadi beban.

2. Atur dan optimalkan waktu dengan baik

Jika kamu adalah pegawai yang memiliki pekerjaan tetap di sebuah perusahaan dan tidak memiliki banyak waktu luang, maka sebaiknya alokasikan waktu setuap minggunya untuk menjalankan usaha sampingan.

Waktu tersebut bisa sebelum atau setelah kerja, maupun di akhir pekan. Gunakan waktu yang menurutmu tepat ini untuk benar-benar menjalankan usaha sampingan.

Halaman:
Sumber Popsugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com