Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Pastikan Harga Avigan Buatan Indonesia Lebih Murah

Kompas.com - 22/09/2020, 15:42 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, PT Kimia Farma telah mampu memproduksi Avigan.

Avigan sendiri merupakan jenis obat yang biasa diberikan kepada pasien-pasien yang terpapar Covid-19.

“Bahan-bahan obat yang diperlukan saat pandemi Covid-19 ini seperti Favipiravir, dulu yang ngetopnya avigan kita sudah bisa produksi sendiri,” ujar Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Kabar Baik, Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan

Erick menambahkan, dirinya telah menghubungi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengurus izin edar obat Avigan buatan Indonesia itu.

“Hari ini saya baru telepon BPOM agar segera bisa dikeluarkan izinnya karena memang kebutuhannya sangat tinggi,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Erick pun memastikan, dengan Kimia Farma telah bisa memproduksi Avigan sendiri, maka dapat mengurangi ketergantungan impor. Selain itu, harga yang akan dijual di pasar Indonesia pun bisa lebih murah.

“Kalau Avigan kita pastikan bisa lebih murah. Tapi yang Oseltamivir karena ini impor, tentu sesuai dengan pasar. Kalau avigan tentu Favipiravir sudah bisa jauh lebih murah, kurang lebih Rp 20.000-an,” ungkapnya.

Baca juga: Kalbe Farma Uji Klinik Herbal untuk Obat Covid-19

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah sudah menyiapkan obat yang diyakini ampuh untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

"Pemerintah juga telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati Covid-19 ini sesuai resep dokter," kata Presiden Jokowi lewat siaran live streaming di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3/2020).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com