Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Pandemi, Pembelian Tiket Event Online di LOKET.com Naik Signifikan

Kompas.com - 22/09/2020, 16:20 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mewabahnya Covid-19 dan pemberlakukan physical distancing membuat banyak penyelenggara event offline bergeser menjadi online.

VP Commercial LOKET Ario Adimas menuturkan pergeseran tersebut membuat transaksi pembelian tiket event online di LOKET.com mengalami peningkatan yang signifikan.

"Sebelum ada pandemi, Loket.com itu banyak digunakan untuk membeli tiket-tiket event yang offline. Tapi sekarang tidak, bergeser ke tiket event-event online semua," ujarnya dalam media briefing Loket.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Loket.com Bakal Genjot Layanan Event Online

Dia mengungkapkan, hal ini terjadi lantaran banyaknya para event creator yang memilih untuk menyelenggarakan event secara online ketimbang event offline.

Dari sisi penyelenggara event juga ikut bergeser. Sebelum pandemi event creator profesional banyak menggelar perhelatan acara, saat ini event creator non-profesional yang banyak menggunakan Loket.com sebagai pilihan untuk menyelenggarakan event.

"Artinya apa? Mereka yang biasanya enggak pernah bikin event, sekarang malah bikin event," ucapnya.

Selain itu, jika dilihat dari segmen atau jenis eventnya, workshop dan event musik yang paling banyak dilakukan selama pandemi.

Dimas menilai tren event workshop ini masih akan terus berkembang dan terus digemari masyarakat ke depannya.

Untuk jenis workshopnya juga sangat beragam. Mulai dari workshop kelas bisnis, kelas sosial hingga workshop belajar saham.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, UMKM Didorong Inovasi dan Jualan Secara Online

Workshop yang sebelumnya sama sekali tidak pernah ada di Loket.com semenjak pandemi ini malah justru ada. "Seperti kelas pramugari, itu enggak pernah sama sekali ada di Loket.com, tapi semenjak pandemi ini malah ada diselenggarakan," katanya.

Sementara itu Head of LOKET Tubagus Utama menyatakan pihaknya saat ini sedang fokus menggenjot layanan event online.

Menurutnya hal ini dilakukan karena melihat adanya pertumbuhan permintaan yang signifikan pada layanan event online.

"Apalagi baru-baru ini kami telah meluncurkan sebuah layanan baru yaitu Loket Live Studio yang memberikan kemudahan kepada para event creator untuk menyelenggarakan event secara virtual," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com