Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Berencana Buat Pilot Project Jalur Khusus Sepeda

Kompas.com - 23/09/2020, 20:06 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berencana membangun pilot project jalur khusus sepeda di beberapa kota di Indonesia.

Diharapkan, dengan adanya pilot project tersebut bisa menjadi contoh untuk daerah lain yang ingin membangun jalur khusus bagi sepeda. Dengan begitu, pesepeda tak akan bersinggungan lagi dengan kendaraan lainnya.

“Jadi memang kita harapkan, saya mohon dukungan, kalau nanti di kita anggaran di kita bisa, katakan untuk pilot project di beberapa tempat, saya siapkan juga untuk di jalan nasional,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Kemenhub: Sepeda Gunung dan Balap Tak Wajib Pakai Sepatbor

Untuk merealisasikan hal tersebut, kata Budi, pihaknya perlu berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Sebab, pembangunan jalan merupakan kewenangan Kementerian PUPR.

“Kami akan berbicara lebih lanjut, lebih teknis, lebih spesifik, terutama dengan Kementerian PUPR, baik di tingkat pusat maupun provinsi,” kata dia.

Budi menjelaskan, idealnya jalur khusus sepeda harus ada pembatas permanen dengan jalur kendaraan lainnya. Hal tersebut sudah dilakukan di beberapa negara di dunia.

“Idealnya kalau saya lihat di beberapa negara itu ada pemisah jalurnya. Apakah dengan barrier, traffic cone. Kalau nanti sepeda sudah menjadi kebiasaan kita, saya kira harus ada pemisah jalur yang sifatnya permanen,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com