Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Logistik Terhantam Pandemi, Ini Kata Menhub

Kompas.com - 24/09/2020, 20:18 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya peranan sektor transportasi logistik di tengah pandemi Covid-19.

Pasalnya di tengah wabah yang merebak saat ini, ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat harus dipastikan keberadaannya.

“Di masa pandemi memang kebutuhan pokok harus terjaga ketersediannya, peranan angkutan logistik menjadi sangat strategis dan penting menjadi tulang punggug,” ujarnya dalam seminar virtual, Kamis (24/9/2020).

Namun pada kenyataannya, sektor transportasi logistik justru mengalami tekanan berat oleh pandemi Covid-19.

Baca juga: Meski Resesi, Bank Mandiri Optimistis Peluang Penyaluran Kredit Masih Ada

Hal tersebut terefleksikan dengan anjloknya realisasi pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan. Pada kuartal II-2020, sektor tersebut mengalami penurunan paling dalam dibanding sektor lainnya, yakni sebesar 30,84 persen secara tahunan.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menilai, anjloknya kinerja sektor transportasi logistik utamanya diakibatkan penurunan baik dari pasokan produsen maupun permintaan masyarakat.

“Penurunan disebabkan karena gerai-gerai penjualan selama berlakunya PSBB di berbagai wilayah tentu membuat masalah ini semakin bermasalah,” tutur Budi.

Baca juga: Luhut: Sudah Terlalu Lama Negeri Ini Tidak Efisien

Pada saat bersamaan, permintaan dari masyarakat juga mengalami penurunan selama pandemi. Itu terefleksikan dengan merosotnya konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2020, yang tumbuh negatif 5,51 persen.

Guna memperbaiki kinerja sektor transportasi logistik, Budi mengakui, pihaknya perlu melakukan penataan terhadap sistem pengiriman barang, baik di level domestik maupun internasional.

“Jangka panjang dibutuhkan pula peran pemerintah. Serangkaian kebijakan menjamin agar barang, logistik, dan sebagainya harus tertata dengan baik,” ucapnya.

Baca juga: Kenaikan Jumlah Kasus Covid-19 Bikin IHSG Merosot

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com