Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Makin Diminati, Penjualan di Indonesia Mengalami kenaikan

Kompas.com - 29/09/2020, 15:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatatkan peningkatan penjualan mobil listrik dari tahun ke tahun. Hal mencerminkan kendaraan listrik makin diminati masyarakat Indonesia.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, peningkatan penjualan terlihat dari salah satu kendaraan ramah lingkungan buatan Toyota yakni Prius. Mobil ini berjenis hybrid atau kombinasi mesin konvensional dan motor listrik berteknologi tinggi.

“Waktu awal-awal kami meluncurkan Prius sekitar 10 tahun yang lalu, demand-nya kecil sekali ya, bahkan single digit atau double digit. Tapi sejak beberapa tahun belakangan ini demand-nya semakin meningkat,” ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/9/2020).

Baca juga: Rencana Pemerintah: Pertamina Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik

Tak hanya itu, peningkatan juga terjadi pada penjualan Toyota Camry, sesaat setelah diluncurkan permintaan untuk jenis hybrid meningkat 15-20 persen. Kemudian pada produk Toyota C-HR dan Toyota Corolla Cross, yang 70 persen Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)-nya untuk permintaan jenis hybrid.

“Jadi kalau SPK-nya 300 unit di bulan pertama peluncuran, kira-kira 200 unit dari SPK itu adalah hybrid Bisa dibayangkan sampai bulan Agustus kita sudah menjual 3.000 unit mobil elektrifikasi, termasuk hybrid. Kalau Corolla Cross itu satu bulan saja sudah 200 unit, jadi setahunnya dikali 12 bisa 2.000-an unit,” jelas Anton.

“Sehingga dalam waktu hampir setahun itu penjualannya bisa mirip penjualan hybrid selama sepuluh tahun belakangan ini,” imbuhnya.

Baca juga: Luhut: Soal Pengembangan Mobil Listrik, Saya Paling Ngotot

Anton menilai, fenomena penjualan mobil listrik di Indonesia di tengah masa pandemi ini luar biasa. Apalagi jika kondisi kembali normal, penjualan mobil listrik diyakini akan semakin melonjak.

“Jadi bisa dibayangkan kalau kondisi market yang baik, pasti penjualannya akan semakin meningkat. Tidak hanya di Toyota tapi merek lain juga pasti bagus penjualannya,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com