Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digitalisasi dan Inovasi Produk, Upaya Bisnis Waralaba Bertahan Selama Pandemi

Kompas.com - 29/09/2020, 20:22 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan digitalisasi bisa menjadi cara bagi pelaku usaha waralaba untuk bertahan di masa pandemi Covid-19.

"Saya kira tentu saja dengan skill penjualan. Kita perlu mengatasi masalah yang dihadapi dalam hal cashflow. Misalnya, kalau restoran tidak diperbolehkan dine in, ya jualannya secara online. Dan itu sudah dilakukan secara digital," ujarnya dalam konfrensi pers virtual, Selasa (29/9/2020).

Selain itu, menurut Anang, inovasi produk juga diperlukan demi mempertahankan usaha di tengah pandemi.

Baca juga: Cari Inspirasi Bisnis? Cek Pameran Waralaba Virtual Ini

"Bisa juga muncul dengan suatu produk baru. Itu bisa juga dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencoba cara-cara baru. Misalnya, ibu-ibu membatasi diri hanya menjual gado-gado, kemudian bisa menambahkan menu balado," katanya.

Anang kembali berpendapat, kondisi Indonesia dinilai masih lebih baik dibandingkan Singapura dan Australia. Pasalnya, di kedua negara itu sudah alami kontraksi minus dua kali triwulan pertumbuhan ekonominya.

Untuk Indonesia, baru terkontraksi pada triwulan II sehingga dia beranggapan masih ada peluang positif.

"Peluangnya karena kita masih ada kelompok yang di bawah, katakanlah UMKM, franchise, atau lisensi. Mengaktifkan usahanya dengan demikian kita menciptakan domestik demand. Domestik demand akan membuat perekonomian Indonesia berputar," ujarnya.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Waralaba? Perhatikan Dua Hal Ini

Oleh karena itu, dirinya kembali mendorong serta menyemangati para pelaku usaha bisnis franchise, UMKM, dan lisensi supaya mereka menekuni dan memanfaatkan momen yang ditawarkan oleh IFRA.

IFRA 2020 (The 18th Indonesia Franchise, License, and Business Concept Expo and Conference) kembali hadir tahun ini. Bedanya, pameran lisensi dan waralaba ini dihadirkan secara virtual agar dapat diakses masyarakat luas sekaligus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com