Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Ditutup Naik Tipis

Kompas.com - 30/09/2020, 16:33 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot menguat tipis pada Rabu (30/9/2020).

Mengutip data Bloomberg rupiah sore ini ditutup menguat 15 poin atau 0,1 persen pada level Rp 14.880 per dollar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.895 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, rupiah terdorong oleh sentimen kenaikan jumlah kasus Covid-19 akhir-akhir ini. Namun, sentimen negatif ini diimbangi dengan rencana distribusi vaksin pada akhir tahun ke sejumlah rumah sakit dan masyarakat.

“Ini membuat masyarakat yakin masalah pandemi Covid-19 akan kembali berakhir dan masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti biasa sehingga membantu mengurangi beban pemerintah yang selama ini berfokus di vaksin Covid-19,” kata Ibrahim.

Baca juga: Intip Kurs Rupiah Hari Ini

Di sisi lain, keinginan pemerintah membukaan perkantoran, mall, hotel, restoran dan cafe serta usaha yang lainnya, dinilai akan memacu daya beli masyarakat sehingga konsumsi masyarakat akan kembali.

Peningkatan daya beli juga tentunya akan berbanding lurus dengan investasi yang akan kembali masuk ke pasar domestik dan juga pembangunan insfrastruktur.

“Perjalanan cukup panjang yang membuat sejarah baru, ekonomi bisa hancur gara-gara pandemi Covid-19, masyarakat yang tadinya buta akan teknologi, mau tidak mau harus belajar teknologi. Dan ini merupakan perubahan yang dinantikan oleh semua negara,” tegas dia.

Dari sisi eksternal, debat capres AS yang memanas terkait denan pandemi Covid-19, ekonomi dan pajak, dinilai hanya ajang saling mencela. Bahkan debat tidak dimenangkan oleh dua belah pihak, lantaran tidak ada keunggulan yang menentukan.

Investor juga fokus pada kemajuan kongres AS menuju pengesahan RUU stimulus fiskal 2,2 triliun dollar AS yang diusulkan oleh Demokrat. Kesepakatan dengan Gedung Putih juga mungkinkan akan terjadi pekan ini.

Baca juga: Jeda Siang, IHSG dan Rupiah Terperosok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com