Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Koinworks, BTN Mau Salurkan Kredit UMKM Properti Rp 75 Miliar

Kompas.com - 08/10/2020, 12:27 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memperluas pembiayaan kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor properti. Perseroan menggandeng platform fintech, Koinworks, agar penyaluran bisa cepat dan tepat sasaran.

Direktur Utama BTN, Pahala Nugraha Mansury mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dana Rp 75 miliar. Masing-masing calon debitur bisa mengakses kredit BTN melalui Koinworks hingga Rp 1 miliar.

"Sekitar Rp 75 miliar pada tahap ini, merupakan percobaan pertama untuk partnership dengan fintech," kata Pahala dalam konferensi video, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: BTN Telah Salurkan Dana PEN Rp 18,15 Triliun

Adapun calon debitur sektor properti yang dimaksud meliputi, pemasok, kontraktor, dan subkontraktor. Kredit Rp 1 miliar tiap debitur bisa diterima dalam kurun waktu 5 hari, dengan syarat memiliki dokumen lengkap.

Pahala menuturkan, penyaluran kredit memberikan kesempatan bagi UMKM sektor properti mendapat akses pasar lebih baik.

Sebab di proyek KPR bersubsidi misalnya, para developer hingga subkontraktor tidak memiliki modal yang cukup besar seperti developer nasional.

"Para pengembang ini butuh adanya value chain lainnya, seperti (biaya untuk) membeli bahan materi, bahan bangunan, kusen, dan sebagainya. BTN menyediakan principle-nya," papar Pahala.

CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menambahkan, calon debitur bisa memilih tenor standar dalam aplikasi, sekitar 1-3 bulan. Bunga yang ditawarkan pun akan jauh lebih rendah dari bunga fintech yang sebesar 16-22 persen.

"Kita bisa tawarkan, kredit kerja sama dari Bank BTN ini, bunganya jauh lebih rendah dari bunga-nya Koinworks. Melalui kemitraan ini, kembali membuktikan bahwa sistem credit scoring yang digunakan oleh KoinWorks dapat membantu perluasan akses penyaluran," sebut Benedicto.

Informasi saja, hingga kini Bank BTN telah membina 4.792 debitur UMKM baik di segmen konvensional maupun Syariah. Ribuan debitur tersebut terdiri atas 13 sektor usaha mulai dari real estate, konstruksi, hingga pertanian.

Per Agustus 2020, emiten bersandi saham BBTN ini telah menyalurkan kredit ke sektor Small Medium Enterprises (SME) sekitar Rp1,9 triliun. Posisi tersebut naik 18,19 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp 1,63 triliun di bulan yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com