Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Pandemi, DBS Indonesia Bakal Genjot Kredit Korporasi

Kompas.com - 08/10/2020, 21:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi akibat pandemi, PT Bank DBS Indonesia terus mendorong bisnis agar tetap tumbuh positif. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mengenjot sektor kredit korporasi.

Pasalnya, potensi bisnis di kredit korporasi masih terbuka cukup lebar meski pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Corporate Banking Director DBS Indonesia, Kunardy Lie menyebut, perseroan terus berkomitmen menumbuhkan kredit korporasi meski kondisi pandemi Covid-19 telah memberikan dampak terhadap penyaluran kredit bank.

Baca juga: Kenapa Suku Bunga Kredit Susah Turun? Ini Penjelasan Bos BI

Namun demikian, ia mengakui, bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal tahun, telah memberikan tekanan terhadap penyaluran kredit di DBS Indonesia, termasuk di kredit korporasi.

Kunardy memperkirakan terjadi penurunan pertumbuhan penyaluran kredit korporasi di kisaran 3-5 persen pada tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kalau ditanya tahun ini dibanding tahun lalu kita ada sedikit penurunan sekitar 3-5 persen karena pertama ada pandemi. Kedua, nasabah melakukan penundaan ekspansi. Untuk kredit korporasi memang ada sedikit penurunan tapi saya rasa itu wajar karena industri perbankan di masa ini banyak juga yang turun karena masalah risiko dari pinjaman," ujar Kunardy dalam keterangannya, Kamis (8/10/2020).

Kendati begitu, lanjut dia, DBS Indonesia tetap optimis bahwa penyaluran kredit bank dapat tumbuh hingga akhir tahun 2020.

Baca juga: Hingga 24 Agustus, Restrukturisasi Kredit Perbankan Capai Rp 863,62 Triliun

Ini seiring dengan proyeksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai pertumbuhan penyaluran kredit perbankan sekitar 3 persen hingga 4 persen dengan tetap memperhitungkan kemungkinan resesi dan pemulihan perekonomian global.

Sementara untuk menopang bisnisnya di tahun yang penuh tantangan ini, DBS Indonesia telah menyiapkan beberap strateginya yakni dengan mengembangkan mitra ekosistem dan konektivitas dengan memanfaatkan hubungan bisnis yang sudah dijalin dengan nasabah-nasabah korporasi.

Dengan ini, DBS Indonesia dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada nasabah dan
membantu nasabah meningkatkan skala bisnisnya, salah satunya melalui efektivitas
dalam supplier payment system, distributor financing, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com