Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Pandemi, Nilai Harta 100 Orang Terkaya di India Naik Rp 7.607,25 Triliun

Kompas.com - 11/10/2020, 12:30 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona telah memukul cukup hebat perekonomian India. Saat ini, jumlah kasus positif terinfeksi Covid-19 di India telah mencapai 6 juta kasus. Selain itu, pada kuartal II lalu, biro statistik setempat melaporkan, perekonomian India merosot hingga 24 persen.

Namun demikian, separuh dari 100 orang terkaya di negara tersebut mencatatkan peningkatan jumlah kekayaan.

Dikutip dari Forbes, Minggu (11/10/2020) hal itu membuat nilai kekayaan 100 orang terkaya di India secara kolektif meningkat 14 persen atau sebesar Rp 517,5 miliar dollar AS jika dibandingkan dengan tahun lalu. Angka tersebut setara dengan sekitar Rp 7.607,25 triliun (kurs Rp 14.700).

Baca juga: Ini Deretan Miliarder Paling Dermawan Versi Majalah Forbes

Adapun berikut kontributor terbesar terhadap peningkatan nilai kekayaan para miliarder tersebut:

1. Mukesh Ambani

Menduduki posisi pertama selama 13 tahun berturut-turut, Mukesh mencatatkan peningkatan kekayaan sebesar 37,3 miliar dollar AS dibandingkan tahun lalu. Jumlah tersebut meningkat 73 persen, dan membuat nilai kekayaannya menjadi sebesar Rp 88,7 miliar dollar AS.

Nilai saham perusahaannya, Reliance Industries meningkat. Pasalnya, di tengah ke kebijakan isolasi total atau lockdown yang terjadi di India, perusahaan yang memiliki banyak bisnis mulai dari energi hingga tekstil itu berhasil mendapatkan pendanaan lebih dari 20 miliar dollar AS untuk Jio Platforms.

Jio Platforms merupakan perusahaan digital yang pertumbuhannya begitu cepat lantaran suntikan modal yang dilakukan oleh Facebook dand Google.

2. Gautam Adani

Kekayaan miliarder yang juga dijuluki raja bandar udara (bandara) ini mengalami peningkatan kekayaan sebesar 61 persen menjadi 25,2 miliar dollar AS. Pasalnya, meski industri travel pertumbuhannya merosot tajam di tengah pandemi, Adani mengakuisisi 74 persen saham dari Mumbai Airport, bandara tersibuk kedua di India.

3. Cyrus Poonawalla

Virus Covid-19 yang melanda dunia tak bisa dimungkiri menyebabkan industri farmasi mengalami pertumbuhan yang signifikan. Perusahaannya, Serum Insitute of India turut serta dalam upaya untuk memproduksi vaksin Covid-19.

Baca juga: Ini 10 Kota di Dunia dengan Miliarder Terbanyak

Nilai harta kekayaan Poonawalla pun meningkat 26 persen menjadi 11,5 miliar dollar AS.

4. Kiran Mazumdar Shaw

Pendiri Biocon itu saat ini tengah dalam proses fase keempat uji coba obat Covid-19. Hal itu membuat harta kekayaannya meningkat dua kali lipat menjadi 4,6 miliar dollar AS.

Meski banyak miliarder yang mencatatkan kekayaan, lebih dari sepertiga orang yang masuk dalam kategori terkaya di India itu mengalami penurunan nilai kekayaan, terutama mereka yang memiliki minat di bidang real estat.

Beberapa di antaranya yakni pendiri Future Group Kishore Biyani, yang menjual sebagian besar kerajaan ritelnya yang sarat utang ke Ritel Reliance Ambani pada Agustus lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com