Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut BPJS Ketenagakerjaan: Penerapan K3 Berdampak ke Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 13/10/2020, 15:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, adanya investasi 1 dollar AS ke Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memberikan dampak terbesar bagi pertumbuhan ekonomi.

Hal ini berdasarkan dari survei Asosiasi Keselamatan skala Internasional atau International Social Security Association (ISSA).

"Hasil survei dari ISSA, apa korelasi antara penerapan K3 atau Vision Zero terhadap pertumbuhan ekonomi terhadap dunia usaha. Ternyata ada korelasi positif, yaitu investasi 1 dollar AS ke K3 ini memberikan impact sebesar 2 kali lipat pertumbuhan ekonomi atau memberikan efek ekonomi yang positif," katanya melalui sambutan webinar virtual, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Menaker Ingatkan Perusahaan Tetap Terapkan K3 di Tengah Pandemi Covid-19

Dari dampak K3 tersebut, lanjut Agus, artinya kondisi kerja yang sehat memberikan kontribusi pada bisnis yang sehat.

"Jadi saya kira kegiatan pagi ini sangat relevan. Mari kita ciptakan lingkungan kerja yang sehat, tenaga kerja yang sehat agar dapat bisnis yang sehat, ekonomi yang sehat, ekonomi segera bergulir, ekonomi segera tumbuh, Insya Allah kita segera bisa keluar dari kesulitan ini," ujarnya.

BPJS Ketenagakerjaan melakukan edukasi kepada para pekerja dan pemberi kerja guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai K3 di masa pandemi Covid-19.

“Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan edukasi terkait pentingnya implementasi K3 sebagai strategi untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kerja, sehingga nantinya ilmu yang didapatkan dari webinar ini bisa diterapkan di kantor atau pabrik tempat mereka bekerja,”katanya.

Baca juga: Di Posko K3 Corona, Pekerja Bisa Aspirasikan Pelaksanaan K3 Corona Perusahaan

Agus menambahkan bahwa ISSA juga memberikan perhatian yang sangat serius atas penerapan K3, khususnya pada saat pandemi Covid-19.

Di tahun 2017, ISSA juga telah memperkenalkan K3 secara internasional yang dikenal dengan Global Vision Zero, di mana BPJS Ketenagakerjaan ikut dalam penandatangan komitmen tekait penerapan hal tersebut.

Sementara itu, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif mengatakan, jika di tahun sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan fokus dalam menekan angka kecelakaan kerja khususnya kecelakaan lalu lintas, namun di tahun ini memprioritaskan program promotif dan preventif dalam bentuk bantuan barang guna mencegah penularan Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com