Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Fitur ini, Driver Gojek Bisa Cegah Order Fiktif

Kompas.com - 13/10/2020, 16:34 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modus kejahatan order fiktif yang menargetkan pengemudi atau driver ojek online (ojol) masih kerap terjadi saat ini.

Tindak penipuan tersebut biasanya dilakukan oknum dengan melakukan pemesanan jasa ojol melalui akun palsu.

"Masalah order fiktif, misal kadang driver sudah membeli makanan, kemudian customernya enggak ada," ujar Head of Drriver Operations Trust and Safety Gojek, Kelvin Timotius, dalam diskusi virtual, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Ini Cara Gojek Tingkatkan Keamanan Pelanggan dan Driver

Kelvin memastikan, setiap mitra driver yang telah terbukti menjadi korban order fiktif akan mendapatkan uang kembali atau reimbursement 100 persen dari Gojek.

Namun, untuk meminimalisir tindak kejahatan tersebut, Gojek sebagai salah satu aplikator ojol terbesar di Indonesia kembali meluncurkan fitur perlindungan khusus bagi mitra driver.

Fitur tersebut dinamakan deteksi order fiktif, dimana mitra driver dapat melapor langsung sebuah pesanan yang dianggap mencurigakan.

Lebih lanjut Kelvin menjelaskan, nantinya setelah mitra melakukan pelaporan terhadap indikasi order fiktif, sistem Gojek akan langsung melakukan pengecekan terkait beberapa aspek, diantaranya history dari akun pemesan.

Baca juga: Survei: Ada Pandemi, Konsumen Lebih Pilih Brand Lokal, Gojek Teratas

"Sistem kami bisa membedakan berdasarkan transaksi-transaksi yang kami miliki. Bisa membedakan yang terindikasi fiktif dan mana yang order baik. Dan kami akan memberi tahu driver apabila order terindikasi fiktif," tuturnya.

Setelah terindikasi fiktif oleh sistem, mitra dapat membatalkan pesanan tersebut tanpa adanya penalty.

Dengan fitur baru tersebut, Kelvin berharap, kepercayaan mitra terhadap sistem aplikasi Gojek akan dapat terus tumbuh ke depannya.

"Dari survei yang kami lakukan setiap bulan terhadap 32.000 mitra driver, 92 persen mitra driver roda dua dan empat puas atas keamanan Gojek," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com