Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga September, Bank Mandiri Sudah Gelontorkan KUR Rp 14,74 Triliun

Kompas.com - 15/10/2020, 18:13 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 14,74 triliun hingga September 2020.

Plt Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, penyaluran KUR tersebut ditujukan untuk sektor-sektor produktif sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Penyalurannya sebagian besar disalurkan ke sektor produksi, yaitu sebesar 60,53 persen dari total penyaluran KUR sampai akhir September 2020, atau senilai lebih dari Rp 8,9 triliun.

Dari jumlah tersebut, sektor pertanian menyumbang 28,43 persen, sektor perikanan 2,37 persen, sektor undustri pengolahan 8,75 persen, sektor pertambangan 0,04 persen, serta sektor jasa produksi menyumbang 20,94 persen.

Baca juga: Realisasi KUR Pertanian Capai Rp 37,6 Triliun

Penyaluran KUR Bank Mandiri diberikan kepada 175.140 debitur pelaku usaha mikro. Ke depan, kami akan mengoptimalkan seluruh jaringan Bank Mandiri dan layanan digital untuk penyaluran KUR," kata Hery dalam siaran pers, Kamis (15/10/2020).

Karena mampu mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, pihaknya berkomitmen membantu para pelaku usaha mikro untuk lebih mudah memperoleh akses permodalan, salah satunya dengan platform digital.

Untuk itu, pengajuan kredit mikro bisa diperoleh secara online melalui platform Mandiri Pintar. Platform digital ini membutuhkan waktu 15 menit untuk memprosesnya.

Selain itu, pihaknya mengembangkan UKM Center yang mengintegrasikan layanan perbankan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Melalui UKM Center, pebisnis dapat berdiskusi kebutuhan finansial untuk mengembangkan usaha dengan financial advisor, melakukan business matchmaking, serta melakukan promosi melalui kerjasama dengan e-commerce dan sosial media.

“Kami berharap langkah ini mampu memperkuat peran UKM sebagai salah satu pilar ekonomi Indonesia,” pungkasnya.

Informasi saja, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR Rp 105,64 triliun sejak awal. Penyaluran dinikmati oleh lebih dari 1,7 juta debitur.

Setiap tahun, realisasi penyaluran KUR Bank Mandiri bisa mencapai target yang ditentukan pemerintah.

Baca juga: Penyaluran Subsidi Bunga KUR Capai Rp 189,82 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com