BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Allianz

4 Cara agar Tetap Terlindungi dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 18/10/2020, 09:56 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengingatkan semua orang bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Risiko penularan masih tinggi dan kondisi pandemi bisa memburuk kapan saja.

“Virus itu nyata. Ini berbahaya. (Virus) itu bergerak cepat dan membunuh," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti diwartakan Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Karena itu, disiplin melakukan protokol kesehatan dan berdiam diri di rumah menjadi langkah yang bijak. Meski begitu, ada baiknya tetap menjaga diri dan waspada agar selalu terlindungi.

Pasalnya, virus corona bisa ada di mana saja dan menginfeksi siapa saja tanpa pandang bulu. Agar senantiasa terlindungi selama di rumah saja, Kompas.com telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Menerapkan pola hidup sehat

Badan Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan, pola makan sehat dengan gizi seimbang sangat penting untuk mendukung sistem daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk itu, selama pandemi sebaiknya Anda mulai perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, batasi asupan lemak, gula, garam, serta penuhi kebutuhan cairan.

Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar. Daripada olahraga berat, lebih baik memilih olahraga ringan selama pandemi, seperti yoga, zumba, gerakan-gerakan tanpa alat, atau senam.

“Olahraga berat tidak disarankan karena pasca-berolahraga tubuh kita butuh waktu untuk bisa kembali normal. Prosesnya butuh waktu lebih lama dibandingkan kalau kita olahraga ringan dan hal ini membuat kita berisiko terinfeksi (Covid-19),” ujar dr Reisa Broto Asmoro, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

2. Rutin membersihkan tempat tinggal

Jangan lupa untuk rutin membersihkan tempat tinggal, meskipun jarang pergi ke luar rumah. Pasalnya, penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang terbit pada Selasa (17/3/2020) mengungkapkan, virus corona bisa bertahan berhari-hari di permukaan benda.

Pada benda plastik, misalnya, virus corona bisa bertahan 3 hari. Jika menempel di kardus, virus bisa bertahan selama 24 jam. Karena itu, rutin membersihkan tempat tinggal beserta perabotnya cukup penting.

CDC menyarankan untuk rutin mendisinfeksi dan membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, sakelar lampu, lantai rumah, meja, gagang lemari, hingga dudukan toilet.

3. Hindari stres

Berita-berita negatif tentang pandemi, terlalu lama berada di rumah, pekerjaan menumpuk, khawatir masalah finansial, merupakan beberapa hal yang bisa memicu rasa cemas dan stres saat pandemi.

Rasa cemas dan stres yang tidak segera diatasi bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Diberitakan Kompas.com, Minggu (10/5/2020), dalam jangka pendek, stres kronis bisa mengganggu sistem daya tahan tubuh dan pencernaan.

Sementara dalam jangka panjang, stres dapat menyebabkan migrain, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, depresi, dan gangguan kecemasan. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengurangi konsumsi berita terkait Covid-19, tetap terhubung dengan orang terdekat, dan melakukan hal-hal yang disukai.

4. Memiliki perlindungan tambahan

Setelah melakukan berbagai upaya agar tubuh tetap sehat, tidak ada salahnya Anda memiliki perlindungan tambahan, seperti asuransi. Sebab, penyakit dan musibah bisa datang kapan saja.

Dengan memiliki asuransi, Anda bisa mendapatkan perlindungan kesehatan dan proteksi finansial di tengah ketidakpastian karena pandemi Covid-19.

Untuk memilih asuransi yang tepat, sebaiknya Anda memperhatikan dari segi benefit yang ditawarkan dan kemudahan aksesnya. Sebab, di tengah pandemi Covid-19, akses dan aktivitas di luar rumah menjadi sangat terbatas.

Karena itu, ada baiknya memilih asuransi yang bisa diakses dari mana saja, seperti asuransi dari Allianz Indonesia. Selain menawarkan perlindungan kesehatan, asuransi Allianz Indonesia juga mudah diakses berkat kehadiran layanan digital, yakni eAZy cover dan eAZy connect.

Portal nasabah Allianz eAZy Connect memungkinkan nasabah untuk mengakses informasi polis asuransi jiwa dan melakukan transaksi secara digital melalui website Allianz IndonesiaDok. Allianz Indonesia Portal nasabah Allianz eAZy Connect memungkinkan nasabah untuk mengakses informasi polis asuransi jiwa dan melakukan transaksi secara digital melalui website Allianz Indonesia

“Kami terus mendukung berbagai upaya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan. Dalam bekerja dan berinteraksi, kami telah melakukan penyesuaian dengan cepat dan menjalani cara baru dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan dan layanan terbaik bagi nasabah,” kata Chief Marketing Officer Allianz Indonesia Karin Zulkarnaen.

eAZy Cover merupakan layanan yang memungkinkan agen dan calon nasabah bertemu secara virtual untuk proses pengajuan polis. Lewat layanan ini, polis nasabah akan dikirimkan dalam bentuk e-policy lewat email.

eAZy Connect adalah layanan yang mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi, memeriksa status polis, dan mengajukan serta memantau klaim kesehatan secara online.

Program tersebut merupakan bagian dari Annual Customer Months yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional setiap 4 September dan Hari Asuransi setiap 18 Oktober.

Tidak hanya memberikan perlindungan saat sakit, Allianz Indonesia juga memberikan apresiasi untuk nasabah yang telah mengaktifkan layanan dan melakukan transaksi digital. Apresiasi itu berupa loyalty point atau voucher belanja yang diberikan lewat aplikasi Allianz Smart Point.

“Allianz Smart Point memberikan berbagai manfaat tambahan di luar perlindungan asuransi, artinya premi yang dibayarkan nasabah dapat memberikan manfaat yang lebih banyak lagi,” ucap Karin dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Nantinya, nasabah akan mendapatkan satu poin untuk setiap pembayaran premi minimal Rp 100.000 dan berlaku kelipatan.

Khusus masa promo hingga 30 Oktober 2020, Allianz memberikan tambahan keuntungan di program eAZy di Rumah Aja.

Allianz Indonesia memberikan tambahan keuntungan bagi nasabah lewat program eAZy di Rumah Aja hingga 30 Oktober 2020Dok. Allianz Indonesia Allianz Indonesia memberikan tambahan keuntungan bagi nasabah lewat program eAZy di Rumah Aja hingga 30 Oktober 2020

Menariknya, program Allianz Smart Point juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Bagi masyarakat umum yang mengunduh dan mendaftar di aplikasi Allianz Smart Point akan mendapatkan voucher pulsa Rp 10.000.

Layanan digital dan program apresiasi tersebut menjadi bentuk komitmen Allianz Indonesia untuk selalu memberikan perlindungan terbaik dan pengalaman mengesankan bagi nasabah. Dengan demikian, nasabah senantiasa aman dan terproteksi di masa pandemi.

Untuk informasi lebih lengkap tentang program eAZy di Rumah Aja dan Allianz Smart Point, silakan kunjungi website Allianz Indonesia.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com