Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kerja di Amazon? Ini Kisi-kisi Pertanyaan Kunci Wawancaranya

Kompas.com - 22/10/2020, 16:40 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Bos Amazon, Jeff Bezos memiliki 3 pertanyaan khusus bagi kandidat yang ingin bekerja di perusahaannya. Pertanyaan ini tentunya lebih dari sekadar resume dan lamaran kerja yang umumnya dilampirkan oleh pelamar kerja.

Melansir CNBC, Kamis (22/10/2020), Bezos sangat berhati-hati dalam mempekerjakan karyawan di perusahaannya. Bezos bahkan dikenal memiliki moto, “Setiap kali kami mempekerjakan seseorang, dia harus menaikkan standar untuk karyawan berikutnya.”

Untuk memastikan perusahaan dalam mempertahankan standarnya yang tinggi, Bezos menguraikan tiga pertanyaan kunci yang perlu dipertimbangkan oleh para pemimpin sebelum mempekerjakan karyawan baru.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Amazon Buka 33.000 Lowongan Pekerjaan

Pertanyaan yang ditulis 22 tahun yang lalu ini merupakan pertanyaan wajib yang harus ditanyakan oleh manajer perekrutan saat wawancara kerja.

Ingin tahu apa saja yang wajib ditanyakan itu? Berikut pertanyaanya:

1. Apakah kamu mengagumi seseorang?

"Jika kamu berpikir tentang orang-orang yang dikagumi dalam hidupmu, mereka mungkin orang-orang yang dapat kamu pelajari atau ambil contoh darinya," tulis Bezos dalam daftar pertanyaan wajib untuk pelamar kerja.

Besoz selalu berusaha untuk bekerja hanya dengan orang-orang yang ia kagumi.

Tips: dua sifat mengagumkan yang digemari Besoz yakni integritas dan kepemimpinan.

Ketika bekerja di Amazon, kandidat harus menjelaskan cara menangani situasi yang sulit. Apakah menggunakan diplomasi? Apa tujuannya ? dan apakah bisa dipercaya?

2. Apakah kamu bisa meningkatkan standar kerja kinerja tim?

“Standar harus terus naik,” tulis Bezos.

Masalahnya adalah, sulit bagi manajer perekrutan untuk mengetahui apakah kandidat yang setelah dipekerjakan, akan tetap ingin tumbuh bersama perusahaan selama bertahun-tahun yang akan datang.

“Pemikiran jangka panjang adalah nilai inti yang disatukan dalam sejarah Amazon sejak awal,” menurut blog Amazon's Day One.

Tips: berupaya untuk memvisualisasikan perusahaan lima tahun dari sekarang, dengan standar saat ini yang cukup tinggi. Sebelum memulai wawancara, kandidat diharapkan dapat memahami dengan teliti nilai-nilai perusahaan dan bersiap untuk bicara mengenai harapan seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

Baca juga: Kian Kaya di Tengah Pandemi, Jeff Bezos Jadi Orang Pertama di Dunia yang Hartanya Tembus Rp 2.940 Triliun

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com