Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robert Kuok, Bos Hotel Shangri-La yang Jadi Orang Terkaya di Malaysia

Kompas.com - 23/10/2020, 12:42 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuok Hock Nien atau akrab disapa Robert Kuok saat ini masih menyandang status sebagai orang terkaya di Malaysia. Di usianya yang sudah memasuki 97 tahun ini, Robert Kuok masih menjalankan ratusan unit bisnis.

Lahir di Johor Baru, 6 Oktober 1923, Robert kini menjabat sebagai founder dan chairman dari Shangri-La Hotels and Resorts. Sebuah waralaba hotel yang tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Data terbaru dari Forbes menunjukkan bahwa kekayaan Robert per tanggal 22 Oktober 2020 mencapai 11,1 miliar dollar AS. Harta orang terkaya di Malaysia ini bertambah sekitar 96 juta dollar AS dari hari sebelumnya.

Baca juga: Cerita Pendiri Lotte Group, Berkat Permen Karet Jadi Konglomerat Korea...

Dalam catatan Forbes, Robert mendirikan Hotel Shangri-La pertamanya pada tahun 1971 di Singapura. Berada di lokasi strategis, Shangri-La dengan cepat mendapatkan popularitas internasional.

Hotel Shangri-La keduanya dibangun di Hong Kong pada tahun 1977. Orang terkaya di Malaysia ini beruntung menemukan lahan strategis di tepi laut Tsim Sha Tsui East yang merupakan lahan reklamasi.

Pada tahun 1993, Kerry Group yang juga dijalankannya berhasil mengakuisisi 34,9 persen saham media South China Morning Post dari Murdoch's News Corporation.

Sejak Juni 2019, putra bungsu Robert Kuok, Kuok Khoon Hua, ditunjuk sebagai CEO dan wakil ketua Kerry Group.

Selain fokus pada bisnis penginapan, Robert juga tercatat memiliki bisnis di bidang lain. Mulai dari perkebunan tebu melalui Perlis Plantations Bhd, penyulingan gula, penggilingan tepung, keuangan, properti, logistik, penerbitan, dan masih banyak lagi.

Salah satu sumber kekayaan terbesarnya berasal dari Wilmar Internasional, perusahaan minyak sawit terbesar di dunia.

Baca juga: Harta Tergerus 15 Miliar Dollar AS, Para Konglomerat Hong Kong Serukan Stop Demo

Wilmar International kini dijalankan oleh keponakannya, Kuok Khoon Hong. Di Wilmar, Robert memiliki tumpukan saham dengan nilai yang besar.

Perusahaan yang dijalankan Robert Kuok saat ini memiliki investasi di banyak negara, seperti Indonesia, Singapura, Thailand, China, Fiji, dan Australia.

Di China, orang terkaya di Malaysian ini juga mengontrol 10 perusahaan pembotolan untuk produk minuman Coca-Cola serta memiliki hak kepemilikan untuk Beijing World Trade Center.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Robert Kuok, bos hotel Shangri-La yang jadi orang terkaya di Malaysia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com