Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Ekonomi Indonesia Saat Pandemi Bergerak Karena Pertanian

Kompas.com - 26/10/2020, 15:45 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut, perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19 mampu bergerak karena sektor pertanian. Sebab, sektor pertanian tetap tumbuh di tengah sebagian besar sektor ekonomi lainnya turun.

"Sekarang ini negara dan ekonomi Indonesia dapat berputar karena ada sektor pertanian," ujar dia dalam acara Penetapan Target Luas Tanam MT I secara virtual, Senin (26/10/2020).

Ia menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal II-2020, pertanian tumbuh 16,24 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Ada dua sektor lainnya yang tumbuh yakni infokom 3,44 persen dan pengadaan air 1,28 persen.

Baca juga: Survei: 75 Persen Masyarakat Yakin Ekonomi Membaik 6 Bulan ke Depan

Namun pertumbuhan paling tinggi tetap terjadi pada sektor pertanian. Sementara untuk 14 sektor lainnya tercatat mengalami penurunan, paling dalam pada transportasi dan pergudangan yang turun 29,22 persen.

"Jadi dari semu sektor yang tumbuh hanya pertanian, sektor lain ada seperti infokom tapi cuma 3,4 persen, itu karena kita semua pengguna handphone dan sekarang sekolah pun lewat online," kata Syahrul.

Di samping itu, sepanjang Januari-September 2020 ekspor sektor pertanian menunjukkan peningkatan menjadi 2,82 miliar dollar AS, tumbuh 9,70 persen dari periode sama di 2019 yang sebesar 2,57 miliar dollar AS.

Baca juga: Ekonomi RI Bisa Pulih Cepat Dibandingkan Singapura dan AS, Mengapa?

Sementara sektor lainnya, seperti migas mengalami penurunan 32 persen, industri pengolahan turun 0,25 persen, serta tambang dan lainnya turun 23,96 persen.

Oleh sebab itu, Syahrul meminta untuk seluruh jajaran Kementan, serta pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam sektor pertanian bisa menjaga kinerja tersebut. Mengingat ada 273 juta penduduk Indonesia yang tetap membutuhkan pasokan pangan di tengah tekanan pandemi.

"Mungkin dua tahun kondisi ini (pelemahan ekonomi akibat pandemi Covid-19) masih akan kita hadapi, oleh karena itu saya harap kita mempersiapkan kembali pertanian kita," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com