Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akumindo: Ada 30an Juta UMKM Rontok Selama Pandemi karena Tak Mau Beralih ke Digital

Kompas.com - 26/10/2020, 20:57 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) M. Ikhsan Ingratubun mengatakan, kurang berkembangnya UMKM disebabkan karena pelaku yang berkecimpung dalam dunia usaha tersebut rata-rata berusia lebih dari 40an tahun.

Padahal, di masa pandemi ini dibutuhkan kelihaian yakni peralihan pemasaran ke dunia digital. Sayangnya, pada usia tersebut pelaku enggan mau mempelajari penjualan melalui teknologi.

"Sedangkan yang sudah 40 tahun ke atas, kalau dengan penjualan melalui digital itu memang agak ribet dan ogah. Apalagi kalau enggak mau belajar, ya jadi itu menjadi kendala memang. Kalau yang 30 tahun ke bawah itu semangat untuk melakukan penjualan lewat online," katanya dalam webinar daring 1001 Cara UMKM Menjadi Juara, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Akumindo: Suka Tidak Suka, UMKM Harus Masuk ke Dunia Digital

Menurut catatan Akumindo, hingga kini terdapat 30an juta pelaku UMKM yang rontok akibat pandemi Covid-19.

"Pandemi ini memang ada sekitar 30 juta UMKM ini rontok ya. Karena yang dibutuhkan oleh UMKM adalah iklim usaha atau kebijakan usaha yang sehatm manakala terjadi yang namanya lockdown atau APBD atau apapun namanya itu merontokkan yang namanya UMKM dan itu diakui juga oleh Menteri Sri Mulyani," katanya.

Kendala lain yang mempengaruhi sulit berkembangnya pelaku UMKM adalah tak mempunyai kemahiran untuk meningkatkan sumber daya manusianya dari sisi penjualan lewat e-commerce atau aplikasi online. "Itu pasti tidak akan pernah berhasil," ucapnya.

Ikhsan juga menyebutkan hambatan lainnya pelaku UMKM adalah permodalan.

Baca juga: BI Nilai UMKM Pangan Perlu Go Digital

"Alasan klasik yaitu permodalan, apabila mendapatkan order untuk yang besar ya harus butuh modal yang cepat. Padahal, tidak semua UMKM di Indonesia itu berhasil setelah meminjam. Pada saat dia sudah mulai bangkit dan ini harusnya lebih cepat untuk diberikan akses permodalan," ujarnya.

Terakhir adalah aksses pemasaran juga diperlukan dalam mendorong peningkatan omset UMKM.

"Salah satu contohnya Ini aku bangga menggunakan produk UMKM. Tapi, kalau kami dari asosiasi, jangan cuma aku bangga aku bangga. Tapi harus beli produk UMKM," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com