Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop UKM Dorong Instansi Pemerintah Belanja Produk UMKM

Kompas.com - 27/10/2020, 20:05 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong instansi pemerintah termasuk Kementerian atau Lembaga, Pemda dan BUMN untuk belanja produk UMKM.

“UMKM terdampak pandemi Covid-19 sehingga perlu mengefektifkan belanja pemerintah, lembaga, BUMN, termasuk pemerintah daerah untuk berbelanja produk UMKM,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (27/10/2020)

Untuk mendukung hal itu, lanjut Teten, Kemenkop UKM telah menghadirkan beberapa program sebagai bentuk pendampingan transformasi digital UMKM seperti EDUKUKM.ID yaitu Program e-learning atau pelatihan daring secara gratis yang bisa diakses melalui www.edukukm.id.

Baca juga: PLN: Kompor Induksi Lebih Hemat ketimbang Kompor Elpiji dan Listrik

Selain itu, ada juga program pelatihan yang dibuat dalam bentuk Seri Podcast 60 detik untuk memandu UMKM shifting ke model bisnis digital yang bisa diakses di kanal media sosial @kemenkopukm. Lalu ada juga Seri Webinar SPARC Campus yang bisa diakses di SMESCO.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan seri video bertema New Normal/Adaptasi Kebiasaan Baru yang bisa diakses di kanal media sosial @kemenkopukm dan Seri pelatihan daring yang terintegrasi dengan program SPARC Campus yang diakses di SMESCO.

Ada juga Kakak Asuh UMKM yang merupakan pelatihan khusus untuk umum agar dapat menjadi digital marketers dalam membantu penjualan UMKM khususnya di e-commerce.

Pihaknya juga melakukan intervensi di sisi hilir atau perluasan pasar yang dilakukan dengan menyertakan UMKM dalam platform digital belanja barang dan jasa pemerintah serta BUMN.

Baca juga: Sri Mulyani: Upah Minimum Tak Naik agar Perusahaan Tak PHK Karyawan

Teten mengatakan pihaknya juga telah bekerja sama dengan LKPP untuk menghadirkan Laman UMKM & BeLa Pengadaan, serta melakukan pendampingan/pelatihan bagi UMKM untuk dapat hadir dalam platform ini.

“Bersama Kementerian BUMN kami memastikan untuk belanja barang dan jasa di bawah nilai Rp 14 miliar agar UMKM dapat ikut serta melalui Pasar Digital UMKM,” katanya.

Teten menambahkan, KemenkopUKM juga melakukan onboarding digitalisasi UMKM di daerah-daerah dengan memanfaatkan katalog digital/e-brochure, sebagai salah satu upaya menghadirkan UMKM lokal yang menjadi Local Heroes, yang memiliki karakteristik mengungkit dan menginspirasi, memberdayakan dan berdampak secara sosial dan ekonomi.

Baca juga: Literasi Keuangan Penting untuk Pebisnis Pemula, Ini Sebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com