BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Shopee Pay

Jumlah Transaksi Meningkat, ShopeePay Kembali Hadirkan Pesta Belanja Rp 1

Kompas.com - 28/10/2020, 14:52 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah mengubah cara masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Konsumen yang tadinya berbelanja secara langsung kini semakin bergeser ke ranah online dengan memanfaatkan transaksi digital. Pergeseran perilaku konsumen ini kian meningkatkan frekuensi transaksi melalui platform e-commerce.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), pada kuartal I 2020, volume transaksi belanja di e-commerce mencapai 275,8 juta kali. Jumlah tersebut meningkat 39,05 persen pada kuartal II 2020 menjadi 383,5 juta kali. Adapun hingga Agustus 2020, realisasi nilai transaksi e-commerce mencapai hampir Rp 180 triliun.

Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas dan SDM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Mira Tayyiba mengatakan, pada semester I 2020 transaksi e-commerce naik hingga dua kali lipat dibandingkan periode yang sama pada 2019.

Namun, nilai transaksi e-commerce justru mengalami penurunan jika dibandingkan periode yang sama pada 2019.

"Kalau membandingkan 6 bulan pertama di 2019 dengan 2020, ternyata jumlah transaksi Januari sampai Juni ini naik jumlah transaksinya sampai dua kali lipat. Tapi, nilai pembeliannya lebih kecil, pembeliannya lebih receh," papar Mira, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Perubahan perilaku dan transaksi konsumen itu dibenarkan oleh salah satu platform pembayaran digital, ShopeePay. Selama pandemi, ShopeePay mengamati adanya peningkatan signifikan dalam transaksi di platformnya, terutama untuk barang-barang di kategori Belanja.

ShopeePay melaporkan lebih dari 70 persen pengguna baru melakukan transaksi pertama mereka di merchant kategori Belanja selama pandemi. Konsumen pun lebih banyak memanfaatkan metode pembayaran digital.

Selain itu, frekuensi belanja konsumen juga meningkat hingga tiga kali lipat, tetapi dengan nilai transaksi yang lebih kecil. Hal ini sejalan dengan perilaku konsumen mengurangi transaksi dalam jumlah besar di masa pandemi.

Kembali hadirkan kampanye belanja Rp 1

Merespons hal tersebut, ShopeePay menghadirkan kampanye ShopeePay Deals Rp 1 di momen euforia Shopee 11.11 Big Sale pada November 2020. Kampanye ini kembali dihadirkan karena sejalan dengan tingginya antusiasme masyarakat dalam bertransaksi digital, terutama di kategori Belanja.

“ShopeePay Deals Rp 1 menyoroti komitmen ShopeePay untuk mendukung aktivitas belanja masyarakat, mulai dari kebutuhan sehari-hari, retail, hingga produk esensial lainnya,” ujar Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

ShopeePay Deals Rp 1 menghadirkan berbagai promo menarik untuk kategori Belanja Dok. ShopeePay ShopeePay Deals Rp 1 menghadirkan berbagai promo menarik untuk kategori Belanja

Untuk diketahui, sebelumnya ShopeePay pernah menyelenggarakan kampanye serupa, yakni Semua Rp 1 di momen 9.9 Shopee Super Shopping Day pada September 2020.

Cindy menjelaskan, kampanye ShopeePay Deals Rp 1 juga menjadi salah satu inisiatif pihaknya untuk mengedukasi manfaat transaksi nontunai. Di saat yang bersamaan, program ini membantu merchant untuk menjangkau para pelanggannya.

“Kami harap inisiatif ini dapat mendukung upaya memutuskan rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia lewat peningkatan adopsi transaksi nontunai,” papar Cindy.

Adapun ShopeePay Deals Rp 1 menggandeng merchant dari kategori Belanja yang menyediakan beberapa jenis kebutuhan.

Pertama, merchant penyedia kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan dan produk sanitasi yang bersifat vital di masa pandemi. ShopeePay Deals Rp 1 menggandeng toko swalayan, seperti Alfamart, Superindo, dan Prima Freshmart.

Untuk kebutuhan fashion, ShopeePay menggandeng beberapa merchant fashion favorit, seperti Someday, Gaudi, Holika Holika, dan Panama.

Kemudian, untuk kebutuhan hobi, ShopeePay Deals Rp 1 menghadirkan merchant yang menyediakan barang-barang penunjang hobi, seperti Usupso, Playworks, Unipin, dan Gramedia.

Selain kategori Belanja, kampanye ShopeePay Deals Rp 1 juga menghadirkan tema Jajan dan Makan. Melalui tema itu, ShopeePay memfasilitasi transaksi contactless di merchant-merchant makanan pilihan dengan menyediakan voucher diskon yang bisa didapatkan dengan harga Rp 1.

Beberapa merchant makanan yang ikut berpartisipasi, yakni Burger King, Fore Coffee, Bakmi GM, Solaria, Janji Jiwa, Auntie Anne’s, Gong Cha, dan masih banyak lagi.

Voucher diskon itu tersedia di fitur “Deals Sekitarmu” yang terintegrasi di aplikasi Shopee. Sebagai informasi, “Deals Sekitarmu” merupakan fitur inovasi O2O (online-to-offline) ShopeePay yang memungkinkan para pengguna untuk mengakses voucher diskon dan cashback merchant terdekat sesuai lokasi pengguna.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kampanye ShopeePay Deals Rp 1, silakan kunjungi tautan ini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com