Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Didorong Sumbang Pemikiran Kritis tentang SDGs

Kompas.com - 30/10/2020, 16:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Para mahasiswa diajak untuk turut berkontribusi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Salah satunya adalah melalui kompetisi Debat SDGs Indonesia yang fokus pada keterlibatan pemuda di tengah pandemi Covid-19.

Acara ini diselenggarakan oleh United Nations Development Programme (UNDP) bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Luar Negeri dan Tanoto Foundation.

Baca juga: Dana Desa Tahun 2021 akan Difokuskan untuk Pencapaian SDGs

"Acara ini telah memungkinkan mereka untuk mempertajam pengetahuan mereka tentang Tujuan Pembangunan Global, pemikiran kritis dan keterampilan kepemimpinan. Ini adalah dekade yang menentukan untuk SDGs, agenda yang menjadi semakin relevan selama pandemi Covid-19 ini dibandingkan sebelumnya," kata Sophie Kemkhadze, Deputy Resident Representative UNDP Indonesia dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

Sementara itu, Amalia Adininggar Widyasanti, Penasihat Senior Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional untuk Ekonomi dan Pendanaan menjelaskan, acara debat seperti ini dapat membantu Indonesia mempersiapkan para pemikir muda dengan lebih baik untuk mempercepat pencapaian SDGs, khususnya untuk menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Dengan perubahan radikal yang terjadi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya di tengah pandemi Covid-19, kebutuhan untuk membina para pemimpin muda kita dengan pemikiran kritis dan kreativitas menjadi lebih mendesak dari sebelumnya," ujar Amalia.

Pandemi Covid-19 telah menjadi tantangan khusus bagi kaum muda yang, terlepas dari perjuangan mereka, terus menjangkau komunitas yang rentan dan menjadi sukarelawan untuk membantu kelompok-kelompok yang termarjinalisasi.

Baca juga: Dukung Pencapaian SDGs, Perusahaan Migas Gandeng LSM

Debat tersebut pun menyoroti bagaimana kaum muda Indonesia merespon tantangan pandemi COVID-19 dan bagaimana mereka bertindak dalam agenda SDGs.

“Debat SDGs ini menarik minat mahasiswa yang ingin mendapatkan keterampilan berharga seperti negosiasi dan pemikiran analitis. Debat ini membantu mahasiswa untuk mendapat pengalaman langsung untuk memperoleh pengetahuan melalui proses yang memberdayakan dan bermanfaat,” ujar J Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

Dalam kompetisi debat tersebut, Universitas Padjajaran dinobatkan sebagai pemenang Debat SDGs Indonesia. Unpad menjadi yang terbaik di antara 250 tim dari seluruh Indonesia dalam acara virtual maraton dua minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com