Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasok 870.000 Tabung Gas 3 Kg, Pertamina Pastikan Pasokan di Bandung hingga Garut Aman

Kompas.com - 31/10/2020, 14:14 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III menambah pasokan elpiji subsidi 3 kilogram (kg) secara bertahap mulai Selasa (27/10/2020) di wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur.

Ini untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di momen libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III, Eko Kristiawan, mengatakan total tambahan pasokan elpiji untuk wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur mencapai lebih dari 870.000 tabung atau sekitar 2.600 metrik ton (MT).

Baca juga: Pasca-Banjir Bandang, Stok Elpiji di Sukabumi Masih Aman

Angka tersebut setara 7,4 persen dari rata-rata penyaluran normal harian yang lebih dari 11 juta tabung atau sekitar lebih dari 35.000 MT.

“Kami memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan elpiji karena sebagian besar masyarakat dan usaha mikro mulai beraktivitas kembali. Momen libur panjang turut membuat kebutuhan memasak meningkat, terutama karena wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur termasuk jalur wisata,” tutur Eko dalam  keterangan tertulis, Sabtu (31/10/2020).

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, pada kondisi normal, rata-rata penyaluran elpiji 3 Kg untuk wilayah Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang) mencapai lebih dari 23.000 tabung per hari.

Sedangkan untuk wilayah Priangan Timur (Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran) mencapai lebih dari 12.000 tabung elpiji 3 Kg per hari.

Baca juga: Masyarakat di Empat Wilayah Ini Bisa Beli BBM dan Elpiji dari Rumah

Selain pasokan normal tersebut, di wilayah Bandung Barat Pertamina menambahkan pasokan elpiji 3 Kg sebanyak lebih dari 520.000 tabung.

Sementara di Priangan Timur, penambahanannya mencapai lebih dari 340.000 tabung. Tambahan pasokan ini dilakukan selama masa libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi, pekan ini.

Eko menambahkan, masyarakat yang berhak dapat membeli elpiji subsidi 3 Kg dengan mudah di pangkalan elpiji resmi Pertamina yang tersebar hingga seluruh desa di wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur.

“Dengan membeli di pangkalan resmi Pertamina, masyarakat akan memperoleh harga sesuai dengan Surat Keputusan Walikota atau Bupati yang berlaku,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com