Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara dengan Jaringan Rel Kereta Api Terpanjang di Dunia

Kompas.com - 01/11/2020, 06:36 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Sejak dulu kereta api adalah moda angkutan darat paling efisien untuk pengangkutan dalam skala besar. Selain murah dari sisi biaya, moda transportasi berbasis rel ini juga relatif cepat.

Itulah sebabnya banyak negara maju sangat mengandalkan jaringan rel kereta api untuk menekan ongkos logistiknya. Selain itu, kereta api juga jadi andalan untuk mengangkut penumpang.

Berikut ini daftar 5 negara dengan jaringan rel kereta api terpanjang di dunia:

1. Amerika Serikat (AS)

AS menempati posisi pertama sebagai negara pemilik jaringan rel kereta api terpanjang di dunia. Total panjang lintasan rel yang berada di wilayah Negeri Paman Sam mencapai 250.000 kilometer (km).

Baca juga: Apa Saja Infrastruktur Peninggalan Penjajahan Jepang di Indonesia?

Dengan bentang wilayah yang berbentuk dataran luas antara Samudra Atlantik hingga Pasifik, jaringan rel kereta api sangat berperan penting untuk distribusi barang melengkapi jaringan jalan tol.

AS bahkan membangun jaringan kereta api di Hawaii yang secara geografi berbentuk kepulauan. Meski demikian, dari ratusan ribu kilometer jaringan rel kereta api, hanya sebagian kecil saja digunakan untuk angkutan penumpang.

2. China

Menyadari betapa murahnya ongkos logistik yang dihasilkan dari penggunaan kereta api, China sangat ekspansif membangun ribuan kilometer jaringan rel sejak Partai Komunis mencanangkan program ekonomi "Lompatan Jauh ke Depan".

Total panjang jaringan rel yang dimiliki China lebih kurang mencapai 100.000 kilometer. Bahkan, China berambisi membangun rute kereta api terjauh yang menghubungkan pusat-pusat ekonominya dengan negara-negara di Eropa melewati Asia Tengah.

Baca juga: Berapa Utang Warisan Belanda yang Disinggung Sri Mulyani?

Seluruh jaringan kereta api di China dikelola oleh BUMN perekeretaapian, di mana sekitar 10.000 km merupakan rel untuk kereta api cepat.

3. Rusia

Rusia adalah negara Eropa dengan jaringan rel kereta api terpanjang atau berada di urutan ketiga di dunia. Panjang jalurnya mencapai 85.000 km.

Sebagaimana di China, jaringan rel kereta api Rusia dimonopoli oleh BUMN yakni Rusia Railways atau RZD. Jaringan rel milik Rusia terkoneksi dari negara-negara Eropa hingga ke Siberia.

Rusia sejak beberapa tahun terakhir juga aktif membangun jaringan rel kereta api cepat. Bagi banyak orang Rusia, kereta api adalah favorit transportasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com