Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Libur Panjang, Pertamina Siagakan Tiga Mobile Storage BBM

Kompas.com - 01/11/2020, 17:00 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyiagakan tiga mobile storage BBM di Tol Cipali dan Purbaleunyi untuk mengantisipasi arus balik dari libur panjang.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengatakan, tiga mobile storage hari ini disiapkan di Rest Area ruas tol Purbaleunyi KM 97B, ruas tol Cipali KM 101 B dan KM 62B.

Mobile Storage merupakan mobil tangki berisi BBM yang bersiaga untuk mengisi tangki BBM di SPBU. Mobil tangki ini bertujuan untuk mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU ketika tangki SPBU mulai kosong, sehingga stok BBM dapat terjaga.

“Berdasarkan perkiraan kami, kepadatan lalu lintas di ruas tol menuju Jakarta akan terjadi mulai siang hari ini, hingga malam," ujar Eko dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/11/2020).

Baca juga: Listrik DKI dan Sekitarnya Padam, Erick Thohir Datangi Kantor PLN

Untuk keamanan berkendara, Pertamina mengimbau masyarakat untuk mengisi penuh tangki kendaraan sebelum memasuki ruas tol.

"Sehingga perjalanan lebih efektif dan dapat mengurangi potensi kemacetan di sekitar rest area," ucap Eko.

Pada momen libur panjang Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020), Pertamina mencatatkan konsumsi puncak pada Rabu dimana konsumsi BBM jenis gasoline (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) mencapai 21.366 Kilo Liter (KL) di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Baca juga: Ini Penyebab Mati Listrik di Sejumlah Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Pada BBM jenis ini, Pertamax Turbo mencapai kenaikan tertinggi hingga 21,7 persen dari rata-rata harian, yakni dari 299 KL menjadi 364 KL.

Sementara pada BBM untuk kendaraan diesel, terjadi lonjakan konsumsi Biosolar sebesar 18,5 persen menjadi 9.376 KL dibandingkan konsumsi normal harian sebesar 7.911 KL.

Sementara pada Kamis, konsumsi Gasoline mencapai 20.492 KL.

"Hal ini mencerminkan adanya mobilisasi masyarakat keluar dari DKI Jakarta dan sekitarnya, untuk mengisi momen libur panjang," kata Eko.

Baca juga: Sisi Lain Menko Luhut dan Janjinya Usai 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com