Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dapat Bantuan Akses Internet Gratis di 500 RS untuk Penanganan Covid-19

Kompas.com - 02/11/2020, 09:09 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mendapatkan bantuan berupa perangkat dan layanan akses internet gratis selama satu tahun kepada 500 rumah sakit dari PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Net1 Indonesia) untuk percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengapresiasi langkah Sampoerna Strategic Group dalam mendukung strategi komunikasi publik untuk program penanganan dan pemulihan Covid-19 di tanah air.

“Konektivitas internet tentu berperan sangat penting dalam hal proses penyampaian informasi terkini yang jelas dan transparan, khususnya juga mengenai perkembangan status vaksin, agar meningkatkan kepercayaan publik,” ujar Erick dalam keterangan tertulis, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Projo Desak Erick Thohir Perbanyak Komisaris BUMN dari Relawan Jokowi

Erick meyakini bantuan ini dapat berkontribusi pada tercapainya tiga prioritas ke depannya, yakni menuju Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh.

“Pemerintah juga selalu terbuka untuk bersinergi dengan mitra-mitra strategis ke depannya untuk membangun bangsa yang kita cintai,” kata dia.

Sementara itu, CEO Sampoerna Strategic Group, Michael Sampoerna menambahkan, pihaknya percaya bahwa konektivitas merupakan faktor kunci dalam mengelola program penanganan dan pemulihan dari pandemi Covid-19.

Terutama dalam hal penyampaian perkembangan informasi kesehatan terkini, koordinasi antar instansi pemerintah di tingkat pusat maupun daerah, dan memfasilitasi kegiatan bekerja dan belajar dari rumah.

“Belajar dari kesiapan infrastruktur tanggap bencana negara lain, yang umumnya dikenal sebagai National Management Crisis Network untuk menghadapi berbagai jenis krisis, karakteristik spektrum jaringan 450 MHz yang kami miliki sangat tepat menjangkau wilayah yang luas, dan telah terbukti andal untuk layanan yang bersifat kedaruratan. Kami berharap dapat memainkan peran yang serupa di tanah air,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, CEO PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, Andri Pranata menyampaikan saat ini bantuan perangkat dan layanan internet gratis kami sudah terpasang dan dimanfaatkan oleh 141 rumah sakit yang tersebar di pelosok Indonesia.

“Dukungan ini akan terus kami berikan sepenuhnya secara tuntas hingga 500 rumah sakit. Dengan bantuan senilai 30 miliar rupiah ini, kami berharap keandalan jaringan layanan Net1 Indonesia dapat turut berperan membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ungkapnya.

Baca juga: Listrik DKI dan Sekitarnya Padam, Erick Thohir Datangi Kantor PLN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com