Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Transfer Gratis Flip.id Melonjak Selama Pandemi

Kompas.com - 05/11/2020, 15:32 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi pandemi Covid-19 telah mengubah cara orang-orang malakukan transaksi keuangan.

Kehadiran teknologi dan platform yang memudahkan transaksi kini menjadi penting dalam mendukung kehidupan.

Rafi Putra Arriyan, CEO Flip.id mengatakan, layanan keuangan Flip.id mencatat kenaikan jumlah pengguna hampir 100 persen selama pandemi Covid-19, dibandingkan masa sebelum pandemi.

“Kami melihat peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online, yang sebelumnya lebih banyak didominasi penggunaan ATM,” kata Rafi melalui video konferensi, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Kondisi Membaik Meski Pertumbuhan Ekonomi Kembali Negatif di Kuartal III-2020

Rafi mengatakan, pandemi membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka, sehingga layanan transfer antar bank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran.

Untuk senantiasa memenuhi kebutuhan transfer antar bank dari masyarakat yang kian meningkat, Flip.id menggandeng Bank DBS Indonesia sebagai mitranya.

Adapun solusi teknologi yang dimiliki Bank DBS, yaitu DBS RAPID memungkinkan Flip.id mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, dan mempermudah transaksi bisnis.

“DBS RAPID memungkinkan koneksi langsung antara sistem Flip.id dengan sistem Bank DBS, sehingga Flip.id dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka tanpa harus melakukan login ke portal internet banking,” kata Husin Hartono, Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS.

Di sisi lain, Angela Thenaria Head of Institutional Banking Group Bank DBS berharap, kerja sama ini dapat meringankan beban masyarakat serta memberikan kemudahan, kelancaran dan keamanan dalam mengirim dan menerima uang.

“Dengan adanya kerja sama ini, Flip.id dan Bank DBS dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan transfer antar, secara online. Pengguna aplikasi Flip.id kini juga dapat melakukan transfer bebas biaya dari dan ke Bank DBS Indonesia,” tambah dia.

Pelaku bisnis mikro juga dapat terbantu dengan layanan transfer bebas biaya antar bank, sekaligus menghemat pengeluaran operasional saat harus melakukan transaksi kirim uang ke supplier maupun konsumen.

“Di masa pandemi ini, pengguna Flip.id dapat melakukan transfer dana dari ataupun ke Bank DBS dengan lebih mudah dan tanpa dikenakan biaya administrasi.” ujar Rafi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com