Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamer Produk Inovasi Berbasis AI, BPPT Selenggarakan Artificial Intelligence Summit 2020

Kompas.com - 08/11/2020, 17:10 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggelar Indonesia Artificial Intelligence Summit 2020 yang diselenggarakan mulai dari tanggal 10-13 November 2020.

Acara ini selenggarakan sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan Indonesia dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memperoleh informasi perkembangan global teknologi kecerdasan artifisial dan pemanfaatannya yang terkini di dunia, untuk memperoleh peta kekuatan pemanfaatan teknologi kecerdasan dan untuk menyosialisasikan dokumen Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial 2020-2045.

Perhelatan AIS ini akan dilaksanakan dalam sebuah pameran virtual, webinar series, dan poster session.

Poster session yang dihadirkan, merupakan karya-karya anak bangsa untuk membuktikan talenta kecerdasan artifisial di Indonesia sudah sangat banyak dan bisa dibanggakan.

Baca juga: Pangkas Jurnalis, Microsoft "Pekerjakan" AI

Sedangkan virtual expo  dihadirkan untuk memberikan experience yang berbeda dan unik, karena ini pertama kalinya virtual expo menyajikan teknologi Virtual Reality dengan penampilan avatar visitor. Dengan demikian, meskipun secara online namun pengunjung bisa merasakan pameran yang sesungguhnya.

Selain itu para visitor akan disuguhi booth berisi tenant yg dijaga oleh avatar orang yang berpakaian adat dari seluruh Indonesia yang bisa langsung diajak berkomunikasi via chat. Pastinya banyak Hal positive dan pengalaman baru untuk visitor.

Penyelenggara berharap pelaksanaan IIAIS 2020 dapat menjadi media kolaborasi berbagai komponen bangsa untuk mengembangkan dan memanfaatkan secara bersama-sama teknologi kecerdasan artifisial dalam mewujudkan visi Indonesia 2045.

Berdasarkan informasi database, telah tercatat Registrasi Visitor pada tanggal 7 November 2020 sebanyak 6.218 Visitors.

Adapun peserta Virtual expo IIAIS 2020 yang terdiri dari Quadruple Helix yaitu Pemerintahan, Perguruan tinggi, Industri, Start-Up dan berbagai asosiasi lainnya. Untuk bisa lebih mengenal lebih dekat tentang teknologi kecerdasan artifisial ataupun tentang acara ini, masyarakat bisa berpartisipasi melalui laman https://ais-2020.id .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com