Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airlangga Harap Kemenangan Joe Biden Beri Ketenangan Pasar Global

Kompas.com - 09/11/2020, 15:31 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi hasil akhir pemilihan presiden Amerika Serikat (pilpres AS). Ia berharap, rampungnya pemilu di AS bisa memberikan ketenangan dan kepastian bagi pasar global.

Seperti diketahui, Joe Biden dari Partai Demokrat mengalahkan petahana Donald Trump dari Partai Republik.

"Kami apresiasi pemilu di AS dan apresiasi pemenang dalam hal ini Pak Joe Biden," ujarnya dalam konferensi pers virtual terkait dampak Covid-19, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Joe Biden Jadi Presiden AS, Bagaimana Nasib Harga Minyak Dunia?

Airlangga menjelaskan, Indonesia sebagai bagian dari perdagangan global, tentunya memerlukan kepastian dan stabilitas politik, maupun geopolitik di kawasan Indo Pasifik. Terutamanya terkait konflik global antara AS dan China.

"Geopolitik China dan AS menjadi penting, sehingga tentu kami berharap bahwa negara kita memerlukan ketenangan dan kepastian. Ini bisa terjadi kalau geopolitik aman," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia berharap kepemimpinan baru Joe Biden di AS bisa jadi angin segar bagi negara-negara Indo-Pasifik dari ketegangan yang terjadi selama ini antara AS dan China.

"Kami berharap kepemimpinan baru di AS membawa ketenangan di Indo Pasifik," imbuh dia.

Airlangga menilai, ketenangan di kawasan regional bisa memberikan implikasi terhadap perekonomian yang berkelanjutan. Sehingga mendorong pemulihan ekonomi di negara-negara regional, khususnya di Indonesia.

"Kalau Indo-Pasifik aman maka pertumbuhan ekonomi bisa kita jaga dan ada optimisme, bukan hanya nasional tapi juga regional. Sehingga kita bisa menjalankan ekonomi dalam upaya menyejahterahkan rakyat," pungkas dia.

Baca juga: Saat Pelaku Bisnis AS Ramai-ramai Beri Selamat atas Kemenangan Joe Biden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com