Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Kuasa Hukum Winda Earl soal Buku Tabungan dan ATM Maybank

Kompas.com - 10/11/2020, 10:46 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa Hukum Winda Earl, Joey Pattinasarany angkat bicara mengenai pernyataan Maybank Indonesia yang menyebut Winda tidak menerima buku tabungan dan ATM sejak awal pembukaan rekening pada 2014 silam.

Hal ini menyangkut raibnya uang Rp 22 miliar milik Winda dan ibunya, Floletta Lizzy Wiguna di Maybank Indonesia.

Joey menyampaikan sejak awal pembukaan rekening, pihak bank menawarkan jenis tabungan dengan rekening koran. Winda pun akhirnya tidak menerima buku tabungan dan ATM.

"Sejak awal sudah disampaikan bahwa yang ditawarkan adalah jenis tabungan dengan rekening koran, yang setiap bulannya menerima laporan berupa rekening koran sama seperti jenis tabungan Winda di bank lain," kata Joey kepada Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Kronologi Lengkap Kasus Uang Rp 22 Miliar Winda Earl dan Pembelaan Maybank

Joey mengungkap, sejak awal Winda hanya diinformasikan mengenai pembukaan tabungan biasa dengan rekening koran setiap bulannya. Artinya sejak awal tidak ada informasi bahwa rekening tersebut memiliki buku tabungan dan ATM.

Ketika mengetahui adanya masalah, Winda kemudian meminta mutasi rekening dari periode pembukaan rekening hingga saat ini.

Winda pun mengaku baru membuat kartu ATM ketika pihak bank menyebut harus mempunyai kartu ATM dalam melakukan mutasi rekening. Jadi selama ini, rekening koran yang diterima Winda adalah palsu.

"Betul," ujar Joey singkat ketika Kompas.com menanyai kepalsuan rekening koran yang diterima Winda.

Sebelumnya, Kuasa Hukum PT Bank Maybank Indonesia Hotman Paris Hutapea mengatakan, ada keanehan ketika Winda tak meminta buku tabungan dan ATM dari bank.

Namun berdasarkan bukti, Winda telah menerima buku tabungan dan ATM, yang dibuktikan dengan adanya tanggal penerimaan buku tabungan dan rekening ATM.

Padahal selama ini, buku tabungan Winda disimpan oleh pimpinan cabang Maybank Cipulir berinisial A yang menjadi tersangka.

"Dia menandatangani (bahwa) buku tabungan dan ATM sudah terima, tapi yang megang selama ini pimpinan cabang. Dan nasabah tidak pernah komplain atau melakukan pengaduan atas hal itu. Anda sebagai pemilik uang, kenapa biarkan buku tabungan dan ATM dipegang orang lain?" ucap Hotman.

Baca juga: Hotman Paris Ungkap Keanehan Kasus Raibnya Uang Rp 22 Miliar Milik Winda Earl

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com