Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2020, 19:14 WIB
Yohana Artha Uly,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Rakyat Indonesia (BRI) memastikan akan terus mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas hingga bisa menembus pasar global.

Sejumlah strategi pun dilakukan oleh bank pelat merah tersebut.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, 80 persen nasabah BRI merupakan UMKM.

Oleh sebab itu, pihaknya akan mengupayakan para pelaku usaha kecil tersebut bisa berkelanjutan, bahkan bertahan di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Pembobolan Rekening Kerap Terjadi, Bagaimana Sebetulnya Sistem Kelola Bank?

"Kami berikan pelatihan untuk mereka survive, bisa melangsungkan binisnya dengan baik," ujar Handayani dalam webinar Ideafest 2020, Kamis (12/11/2020).

Para pelaku UMKM diarahkan untuk bisa mengenali bisnisnya, mulai dari kualitas produk, bisnis model, hingga pengembangan ke platform yang sesuai.

Hal ini dilakukan untuk memberikan mereka pemahaman yang tepat mengenai marketing, packaging, tren, dan perencanaan harga.

"Jadi kita betul-betul lakukan pendampingan," imbuh Handayani.

Tak hanya itu, BRI memberikan pula pendampingan untuk pelaku UMKM bisa mengetahui kondisi kesehatan bisnisnya.

Mulai dari kondisi finansial, momentum naik kelas, hingga persoalan mendapatkan pembiayaan.

"Supaya mereka engga terburu-buru ingin jadi besar padahal pondasi belum kuat. Serta biar saat banyak orderan enggak tiba-tiba ajukan pinjaman yang besar ke bank karena malah membuat mereka bisa terlilit utang," jelas dia.

Baca juga: Kemenaker Sebut Urgensi Terbitnya UU Cipta Kerja Pacu Produktivitas RI yang Masih Rendah

Handayani melanjutkan, pihaknya juga berupaya mendorong pelaku UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor, mengingat banyak produk buatan UMKM memiliki kualitas tinggi. Hal itu dilakukan lewat program BRILianpreneur yang menghubungkan UMKM dengan pembeli di luar negeri.

"Kami bantu untuk engage (meraih) ke buyer-buyer di luar negeri untuk punya akses ke hasil produk UMKM, karena kan produknya tidak kalah bagus dengan para pemain di luar sana," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com