BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Shopee Pay

Di Puncak 11.11, ShopeePay Sukses Jual Voucher Rp 1 hingga 12 Kali Lebih Banyak

Kompas.com - 20/11/2020, 16:02 WIB
Sri Noviyanti,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyedia layanan pembayaran digital ShopeePay sukses menuai antusias pelanggan pada puncak gelaran Shopee 11.11 Big Sale, Rabu (11/11/2020).

Pasalnya, di hari itu, voucher ShopeePay Deals Rp 1 berhasil terjual sampai 12 kali lebih banyak dibandingkan hari biasanya.

Adapun kampanye ikonik tersebut telah berlangsung pada 1-11 November 2020. Senang melihat antusias pelanggan, pihak ShopeePay pun mengutarakan latar belakang gelaran tersebut.

"Seperti yang kami sampaikan pada awal kampanye, ShopeePay berkomitmen untuk mendukung aktivitas belanja selama kemeriahan Shopee 11.11 Big Sale karena masyarakat semakin mengandalkan pembayaran digital,” kata Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Cindy juga mengungkapkan, gelaran ini dibuat untuk memberdayakan bisnis yang bermitra dengan ShopeePay. Hal yang tak disangka oleh pihak ShopeePay adalah cara mitra bisnis merespons peluang.

Baca juga: Dukung Peningkatan Daya Beli Masyarakat, ShopeePay Hadirkan Promo ShopeePay Deals Rp 1

“Kami bangga melihat bagaimana bisnis-bisnis diberdayakan selama kampanye ini dengan membuka berbagai kesempatan untuk melayani pelanggannya, salah satunya melalui fitur Deals Sekitarmu yang memperkenalkan fitur contactless. Hal inilah yang membuat kampanye ini lebih bermakna,” sambung Cindy.

Cindy menginformasikan, kampanye ShopeePay Deals Rp 1 diikuti sekitar 30.000 outlet. Jumlahnya naik signifikan dibandingkan kampanye 9.9 pada 9 September 2020.

Adapun bisnis-bisnis yang berpartisipasi mencakup restoran dan bisnis ternama hingga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Bisnis-bisnis ini yang ingin memaksimalkan visibilitas mereka dan mengalami pertumbuhan transaksi yang tinggi bersama ShopeePay,” ujar Cindy lagi.

Menguntungkan mitra bisnis

Lewat kampanye tersebut, ShopeePay berhasil peningkatan transaksi merchant yang berpartisipasi.

Selama gelaran, brand ternama mencatat 8 kali pertumbuhan transaksi. Sementara itu, bisnis kecil dan menengah mencatatkan 10 kali pertumbuhan transaksi.

Baca juga: Lewat ShopeePay Deals Rp 1, Transaksi Penjualan UKM Melonjak hingga 10 Kali Lipat

Pada kategori Belanja, Alfamart menjadi brand dengan penjualan voucher terbanyak. Sementara Burger King memimpin pada kategori Makan. Lalu, Janji Jiwa menjadi brand favorit di kategori Jajan.

Pihak ShopeePay mengatakan, antusias pelanggan terlihat dari penjualan voucher yang habis dalam kurun waktu kurang dari 5 detik.

“Keterlibatan brand ternama sebagai mitra bisnis telah menarik perhatian dan antusiasme masyarakat Indonesia untuk menikmati pengalaman berbelanja yang menarik,” ujar Cindy lagi.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 memukul telak banyak industri. Tak sedikit pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan, bahkan harus rela gulung tikar.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada Oktober 2020 memublikasikan hasil survei dampak pandemi Covid-19 yang dilakukan kepada 34.559 pelaku usaha.

Dalam laporannya, 82,55 persen atau 8 dari 10 pelaku usaha mengaku mengalami penurunan pendapatan.

Adapun perusahaan yang paling banyak mengalami penurunan pendapatan adalah usaha mikro kecil (UMK).

Di masa sulit seperti ini, kesuksesan kampanye yang dilakukan ShopeePay otomatis menumbuhkan optimisme para pelaku usaha.

Baca juga: Kolaborasi ShopeePay dan Kitabisa Bantu UKM Bernapas di Masa Pandemi

Kampanye 11.11 telah berhasil mengukir perjalanan yang berkelanjutan bagi ShopeePay untuk meningkatkan adopsi transaksi nontunai dan sekaligus menyediakan ruang tanpa batasan bagi pelaku bisnis untuk bertumbuh, beradaptasi dalam situasi apa pun, dan bersama-sama bergerak ke arah yang lebih baik,” ujar Cindy.

Untuk menikmati kampanye ShopeePay selanjutnya, masyarakat bisa mengunduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play. Dapatkan promo harga murah dan pengalaman belanja terbaik dengan mengaktifkan ShopeePay.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com