Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IDFC Minat Investasi Rp 28,2 Triliun di SWF Indonesia

Kompas.com - 23/11/2020, 13:41 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan investor asal AS berminat untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Saat Luhut menyambangi Negeri Paman Sam itu pada pekan lalu, CEO United States International Development Finance Corporation (IDFC) Adam Boehler menandatangani Letter of Interest (LOI) investasi 2 miliar dollar AS atau setara Rp 28,2 triliun di Indonesia Investment Authority atau Sovereign Wealth Fund (SWF).

"IDFC salah satu yang tengah melakukan evaluasi komprehensif terhadap investasinya di Indonesia, sehingga bisa ikut menarik sektor swasta AS berinvestasi di pasar dengan potensi ekonomi yang besar seperti Indonesia," tuturnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

Baca juga: IPO, Perusahaan Aquaculture Ini Targetkan Raup Dana Rp 300 Miliar

"Kerja sama ini akan memperkuat ikatan ekonomi antara Amerika Serikat dan Indonesia," tambahnya.

Dalam keterangan tertulisnya Luhut menjelaskan, SWF merupakan salah opsi pembiayaan dan investasi sektor swasta terhadap proyek strategis nasional dan prioritas lainnya.

Sebelumnya, Luhut sempat menargetkan akan dapat menggaet investasi senilai hingga 6 miliar dollar AS yang akan ditempatkan di SWF.

Rencananya, kucuran dana akan diterima dari investor AS, Abu Dhabi, hingga Riyadh.

"Tahun ini kira-kira kita akan dapat 5-6 miliar dollar AS (setara Rp 70 triliun). Tapi tadi kami berharap bahwa nanti Blackstone, Blackrock dan banyak macam lagi yang kami tunggu besok itu mungkin akan bisa komitmen masuk lagi. Kami berharap IDFC dari apa namanya International Development Finance Corporation itu juga akan inject," kata dia.

Baca juga: Kartu Prakerja Dinilai Tak Mampu Redam Laju Pengangguran di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com